Ini Dia Lima Kuliner Khas Bandung Yang Nikmat Untuk Berbuka Puasa

  • Whatsapp
Batagor
Batagor/Istimewa.

TANGERANG,REDAKSI24.COM—Sejak dahulu Bandung memang terkenal dengan aneka kuliner khasnya. Rasaa yang enak membuat kuliner khas ‘Kota Kembang’ ini banyak digemari masyarakat untuk berbagai suasana termasuk saat Ramadan sepert sekarang ini

Nah kali ini sahabat Redaksi24 bisa mendapatkan lima jenis kuliner khas Bandung yang sangat nikmat untuk disajikan saat berbuka puasa. Apa saja kuliner-kuliner khas Bandung tersebut?

Bacaan Lainnya

Karedok
Karedok/Istimewa.

1. Karedok

Karedok adalah salah satu makanan Khas Sunda, dibuat dengan bahan-bahan sayuran mentah antara lain; mentimun, tauge, kembang kol, kacang panjang, daun kemangi dan terong. Karedok merupakan makanan lezat untuk penggemar makanan sehat khususnya bagi sahabat Redaksi24 yang ingin diet selama puasa.

Surabi
Surabi/Istimewa.

2. Surabi

Surabi, merupakan kuliner khas Bandung yang terbuat dari campuran bahan utama tepung beras dan santan kelapa. Bahan-bahan tersebut membuat surabi memiliki tekstur lembut dan rasa gurih yang selalu menggugah selera telebih disajikan saat masih hangat.

Jika dulu surabi Bandung hanya memiliki dua varian rasa, yaitu rasa manis dengan saus kinca (air gula aren) dan rasa asin dengan bumbu oncom atau taburan oncom pedas diatasnya, kini surabi sudah berinovasi menjadi kuliner kekinian dengan berbagai jenis saus dan toping yang menemaninya.

Colenak
Colenak/Istimewa.

3. Colenak

Colenak adalah singkatan dalam bahasa sunda dicocol enak. kudapan ini bebahan dasar peyeum (tape singkong) yang dibakar yang disantap dengan dicocolkan pada gula jawa cair yang dicampur dengan serutan kelapa.

Selain cara membuat ya mudah dan praktis, raaya yang enak sangat pas untuk pembuka puasa atau cemilan usai menjalankan salat Tarawih.

Batagor
Batagor/istimewa.

4. Batagor

Batagor (akronim dari bakso tahu goreng) merupakan jajanan khas Bandung yang mengadaptasi gaya Tionghoa-Indonesia dan kini sudah dikenal hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Batagor terbuat dari tahu yang dilembutkan dan diisi dengan adonan berbahan Ikan tenggiri dan tepung tapioka lalu dibentuk menyerupai bola yang digoreng dalam minyak panas selama beberapa menit hingga matang.

Saat ini selain disajikan dengan sambal kacang dan kecap ma ditambah sedikit cairan jeruk nipis sebagai pelengkap, batagor juga bisa disajikan dengan kuah bakso.

Seblak/Istimewa.
Seblak/Istimewa.

5. Seblak

Bagi pecinta kuliner gurih dan pedas tak salah menjadikan seblak sebagai menu buka puasa.Tapi perlu diingat, ketika buka puasa ada baiknya kurangi rasa pedas yang begitu pekat. Dan yang lebih baik lagi isi dahulu perut yang kosong dengan makanan takjil.

Seblak terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein seperti telur, ayam, boga bahari atau olahan daging sapi, dimasak dengan bumbu tertentu.
Tak heran kini seblak menjadi makanan jajanan jalanan yang digemari berbagai kalangan masyarakat di daerah Jawa Barat dan Jabodetabek.

Selamat mencoba aneka kuliner khas Bandunggg sahabat Redaksi24! (Hdr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.