Ini Daftar Kepala Negara Yang Memastikan Hadir di Pelantikan Jokowi-Ma’ruf

  • Whatsapp
persiapan pelantikan jokowi-ma'ruf
Persiapan pelantikan Jokowi-Ma'ruf.

REDAKSI24.COM—Sedikitnya ada enam kepala Negara yang telah memastikan kehadirannya di acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo (Jokowi)- Maruf Amin, pada Minggu (20/10/2019) siang ini. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua  Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Menurut  Bamsoet , pelantikan ini juga akan dihadiri oleh hampir seluruh negara ASEAN dan negara-negara sahabat.

Bacaan Lainnya

“Saat kita Confirm  seluruh negara-negara sahabat di  ASEAN, memastikan akan hadir, termasuk perdana menteri Australia hadir,” kata Bamsoet.

BACA JUGA :

Jelang Pelantikan Presiden, Polresta Tangerang Gelar Patroli Gabungan

Siang Ini, Jokowi-Ma’ruf Amin Dilantik Jadi Presiden dan Wapres

Bamsoet juga berharap kepala-kepala negara dan kepala pemerintahan, utusan khusus dari negara-negara maju bisa menghadiri acara pelantikan ini. Sedangkan China telah memastikan akan mengutus wakil perdana menterinya.

Berikut daftar Kepala Negara yang dipastikan hadir dalam pelantikan Jokowi-Ma’ruf:

  1. Perdana Menteri Australia Perdana Menteri Australia Scott Morisson dipastikan akan menghadiri pelantikan Jokowi-Ma’ruf. Mantan Menteri Keuangan Australia itu menduduki jabatan sebagai perdana menteri sejak Agustus 2018 lalu.
  2. Perdana Menteri Singapura Selain Scott Morisson, Perdana Menteri Singapura Lee Hsioen Loong juga telah mengkonfirmasi kehadirannya. Hubungan bilateral Indonesia dengan Singapura sendiri selama ini terbilang baik.
  3. Perdana Menteri Malaysia Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad termasuk dalam daftar nama kepala negara yang akan menghadiri pelantikan Jokowi-Ma’ruf. Politisi berusia 94 tahun itu, kembali menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia sejak 2018 lalu. Kemesraan hubungan Indonesia-Malaysia terlihat pada Agustus 2019 lalu saat Presiden Jokowi berkunjung ke Malaysia.
  4. Sultan Brunei Darussalam Sultan Brunei Sultan Hassanal Bolkiah juga memastikan diri untuk menghadiri acara pelantikan Jokowi-Ma’ruf. Nama Bolkiah sendiri menjadi salah satu raja terkaya di dunia dengan nilai kekayaan mencapai 20 miliar dollar AS atau sekitar Rp 285 triliun.
  5. Raja Eswatini Raja Eswatini Raja Mswati 3 juga turut hadir dalam pelantikan Jokowi-Ma’ruf. Eswatini merupakan sebuah negara kecil di Afrika Selatan yang terletak di antara Afrika Selatan dan Mozambik. Negara yang meraih kemerdekaannya pada tahun 1968 itu semula bernama Swaziland. Penggantian nama Swaziland menjadi Eswatini dilakukan pada perayaan setengah abad kemerdekaan negara itu, April 2018 lalu.
  6. Wakil Presiden China Wakil Presiden China Wang Qishan sendiri telah berada di Indonesia sebelum acara pelantikan Jokowi-Ma’ruf. Sebelum menghadiri acara pelantikan, Wang mengunjungi Istana Wakil Presiden, Jakarta, Sabtu (19/10/2019) siang. Selain itu, Wang juga berkunjung ke Kota Solo dan bertemu dengan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo beserta Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen. Pertemuan ini diharpakan dapat menjalin kerja sama antara China dengan Pemerintah Solo dan Jawa Tengah. (Hdr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.