Ini Alasan Jemaah Haji Yang Batal Berangkat Tahun 2020 Untuk Tidak Tarik Uangnya Kembali

  • Whatsapp
Ilustrasi jemaah haji di tanah suci mekkah-(ist).

KOTA TANGERANG, REDAKSI24.COM –Kementerian Agama (Kemenag) RI sudah menetapkan, bila keberangkatan haji Tahun 2020 ini ditunda menjadi Tahun 2021. Kemenag juga mempersilahkan bagi jemaah haji yang batal berangkat tahun ini, tetapi sudah melunasi pembayarannya, bisa menarik uangnya kembali. 

Diketahui, di Kota Tangerang terdapat sebanyak 1.700 jemaah haji yang melunasi pembayaran haji. Tetapi mereka mayoritas memilih untuk tidak menarik kembali uang yang sudah dibayarkan, meski Kemenag memperbolehkan jemaah untuk menarik uangnya kembali. 

Bacaan Lainnya

Ahmad Damanhuri, salah seorang jamaah haji dari Lingkungan Kenanga, RT/RW 05/04, Kelurahan Kenanga, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang mengaku, memilih untuk tidak menarik uangnya kembali, lantaran sudah menjadi kesepakatan keluarga. 

“Atas saran keluarga, isteri, orang tua, dan mertua, kami bersepakat untuk tidak mengambil uang yang sudah dibayarkan, karena memang dikembalikan ke niat awal uangnya untuk bayar haji, jadi kami istiqomah dengan apa yang sudah menjadi niat kami,” kata pria yang akrab disapa Wiwi saat ditanya Redaksi24.com, Sabtu (27/6/20). 

BACA JUGA: Sebanyak 1.700 Calon Jemaah Haji Kota Tangerang Keberangkatannya Ditunda 2021 Nanti

Ia juga mengaku khawatir, bila uang yang 10 juta diambil kembali, Tahun 2021 mendatang saat pelunasan tiba tidak dapat membayar lantaran tidak ada uang. “Ya kita enggak tahu rejeki kita seperti apa di kemudian hari kan. Jadi kami biarkan saja, supaya aman,” kata Wiwi. 

Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang Badri Hasun menyarankan kepada jemaah haji, agar uang haji yang sudah dibayar lunas oleh para jamaah haji, tidak diambil kembali, karena manfaatnya akan kembali kepada jamaah itu sendiri. 

“Jadi kalau diambil uangnya yang Rp 10 juta itu, maka tahun depan dia wajib melunasinya kembali. Jika tahun depan (2021) dia tidak bisa melunasinya, maka akan diundur keberangkatannya pada Tahun 2022,” tutur Badri.

BACA JUGA: Jemaah Haji Yang Batal Berangkat Tahun Ini Enggan Tarik Uangnya Kembali

Meski begitu, pihaknya sudah menyampaikan kepada masyarakat melalui media massa, bahwa bagi calon jemaah haji yang sudah melunasi administrasi pembayaran haji, diperbolehkan untuk menarik uangnya kembali. (Haris/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.