Ingin Tingkatkan Taraf Hidup, Puluhan PKL di Sepatan Gagas Bentuk Koperasi

oleh -
PKL, Aspek Sepatan, Koperasi, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang
Pengurus Aspek Sepatan.

KABUPATEN TANGERANG,REDAKSI24.COM–Puluhan pedagang kaki lima (PKL) yang tergabung dalam Asosiasi Pedagang Ekonomi Kreatif (Aspek) Sepatan tengah menggagas pembentukan koperasi. Lewat keberadaan koperasi, para pedagang yang mayoritas berjualan kuliner ini bisa meningkatkan taraf hidupnya.

“Kami berharap lewat keberadaan koperasi yang akan kami beri nama Maju Bersama Aspek (MBA) ini kesejahteraan kami sebagai PKL bisa meningkat” ujar Ketua Umum Aspek Jasril Paringgi, kepada Redaksi24.com, Jumat, (24/4/2021) malam.

Jasril mengaku dalam mewujudkan pembentukan koperasi tersebut pihaknya tengah dalam proses pengurusan legalitas sehingga berbadan hukum sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Ke depan setelah memperoleh legalitas yang jelas, kami juga berharap mendapat pembinaan dari pemerintah daerah melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang,”harapnya.

BACA JUGA: Baznas Kabupaten Tangerang Launching Distribusi ZIS Tahun 2021/1442 H

Ketua Aspek Sepatan Mohamad Ali Priyanto menjelaskan, sebagai soko guru perekonomian di Indonesia, pihaknya berharap keberadaan koperasi ini dapat menunjang usaha para  PKL khususnya yang tergabung di Aspek. Untuk itu nantinya selain dapat memberikan pinjaman atau tambahan modal bagi anggota yang memerlukan tambahan modal. Koperasi juga bisa memberikan dana pinjaman untuk kebutuhan sehari-hari untuk biaya pengobatan, biaya pendidikan, dan biaya-biaya lainnya

“Kami yakin lewat koperasi yang kami bentuk ini ini bisa meningkatkan penghasilan bagi anggotanya, dengan membagikan sisa hasil usaha (SHU),”ujarnya.

BACA JUGA: Punya Keluhan? Adukan Lewat Panggilan Darurat 112 Kabupaten Tangerang

Ali juga berharap lewat kegiatan-kegiatan yang digelar Aspek ini bisa menghapus stigma negatif yang disematkan kepada PKL sebagai biang kumuhnya wilayah serta kemacetan.

“Aspek ini sengaja dibentuk untuk melakukan pembinaan kepada para anggotanya sehingga bisa berkembang dalam segi ekonomi tanpa ada pihak yang merasa terganggu” jelasnya. 

BACA JUGA: Pilkades Serentak di Kabupaten Tangerang Bakal Terapkan Protokol Kesehatan yang Ketat

Sementara itu Camat Sepatan Dadang Sudrajat mengaku sangat mengapresiasi hal-hal yang dilakukan para PKL yang tergabung di Aspek dalam meningkatkan kesejahteraanya. Dadang koperasi yang dibentuk Aspek ini bisa dikelola dengan baik sehingga bisa meningkatkan taraf hidup para PKL.

“Sebagai Camat tentunya saya sangat mendukung hal-hal positif yang dilakukan oleh masyarakat termasuk yang berprofesi sebagai PKL,” ujar Dadang.

Dalam kesempatan itu juga berpesan agar para PKL yang tergabung di Aspek ini bisa terus membantu pemerintah dengan selalu menjaga kebersihan dan keindahan serta ketertiban wilayah. Karena menurut Dadang, tugas menjaga kebersihan dan keindahan serta ketertiban wilayah bukan hanya tugas pemerintah, tetapi juga tugas masyarakat termasuk para PKL.

“Silahkan berusaha namun saya berpesan agar selalu menjaga kebersihan dan keindahan serta ketertiban wilayah,” pungkasnya.(Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.