Ingat, Pemberlakuan Perluasan Ganjil-Genap di Jakarta Dimulai Hari ini

  • Whatsapp

JAKARTA,REDAKSI24.COM—Setelah melakukan ujicoba mulai 12 Agustus sampai 6 September 2019 lalu, Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta secara resmi mulai memberlakukan perluasan ganjil genap di 25 ruas jalan di wilayahnya. Pemberlakuan kawasan ganjil genap oleh Pemrov DKI Jakarta ini bertujuan untuk mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas dan polusi udara di Jakarta. Pemberlakuan  sistem ganjil genap ini berlaku untuk semua jenis kendaraan termasuk taksi dan ojek online.

Dasar hukum perluasan ganjil genap di Jakarta adalah Instruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA : 

Operasi Kalimaya: Satlantas Lebak Jaring 2.278 Lebih Pelanggar Lalulintas.

Soal Zona Aman SMAN 18, Satlantas Koordinasi dengan Dishub

Seperti yang dikatakan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo dihadapan wartawan bahwasannya pemberlakuan perluasan kawasan ganjil genap ini telah melalui serangkaian uji coba mulai dari tanggal 12 Agustus sampai 6 September 2019 lalu. Menurutnya terjadi peningkatan kualitas lalulintas yang baik. Di ruas jalan uji coba terjadi peningkatan kecepatan dari 25,56 km/jam menjadi 28,03 km/jam atau meningkat 9 persen.

“Pemberlakuan sistem ganjil genap ini akan dievaluasi setiap 6 bulan,” kata Safrin.

Safrin menjelaskan, pemberlakuan peraturan ganjil genap ini berlaku pada Senin-Jumat (kecuali hari libur nasional) pada pukul 06.00-10.00 WIB dan 16.00-21.00 WIB.

“Bagi pelanggar ganjil genap akan terkena sanksi tilang  dengan denda Rp500 ribu,” jelasnya.

Daftar Ruas Yang Terkena Aturan Ganjil Genap :

Jl. Pintu Besar Selatan,  Jl. Gajah Mada,  Jl. Hayam Wuruk, Jl. Majapahit, Jl. Medan Merdeka Barat, Jl. M.H. Thamrin, Jl. Sisingamangaraja, Jl. Panglima Polim, Jl. Fatmawati, Jl. Suryopranoto, Jl. Balikpapan, Jl. Kyai Caringin, Jl. Tomang Raya, Jl. Pramuka, Jl. Salemba Raya, Jl. Kramat Raya, Jl.Senen Raya, Jl. Gunung Sahari. (Hdr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.