Infrastruktur Rusak dan Minimnya Pelayanan Kesehatan di Lebak, Dituding Jadi Penyebab Ibu Hamil Kerap Lahir di Jalan

  • Whatsapp
Jalan Poros Desa Cibarani-Karang Manunggal.

LEBAK, REDAKSI24.COM – Masyarakat Kabupaten Lebak dihebohkan dengan lahirnya seorang bayi di Jalan Poros Desa Cibarani, Kecamatan Cirinten, Lebak, Banten. Itu terjadi karena Sari (28), ibu kandung bayi tersebut tidak tahan lagi untuk menuju ke Puskemas Karang Nunggal yang berjarak sekira 20 km dari tempat tinggalnya.

Dengan mengendarai sepeda motor, Sari yang tinggal di Kampung Pasir Sempur, Desa Cibarani, Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak, Banten itu bermaksut melahirkan bayinya di Puskemas Karang Nunggal. Karena jalan yang dilaluinya berbatu dan berlobang, ban sepeda motor ojek yang ditumpanginya pecah. Akibatnya Sari tidak tahan lagi dan melahirkan anaknya di sisi jalan tersebut.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa (Kades) Cibarani, Dulhani mengatakan, kejadian seperti ini sudah berulangkali. Berdasarkan sepengetahuannya, dalam kurun waktu tahun 2018 hingga 2020 sudah 3 kali ibu hamil melahirkan di jalan. Karena selain jalan tersebut berbatu dan berlobang, Puskesmas yang akan didatangi jaraknya mencapai 20 km.

” Yang saya tahu, dalam kurun waktu 2 tahun ini terdapat 3 orang ibu hamil brojol di jalan,” tandas Dulhani kepada Redaksi24.com, Rabu (11/3/2020).

Terkait dengan itu, kata Dulhani, pihaknya sudah berulang kali mengajukan perbaikan jalan ke Pemkab Lebak, baik melalui Musyawarah Rencana Pembangunan tingkat Desa (Musrenbangdes) maupun lainnya. Namun tidak pernah digubris. ” Ya mungkin karena kami orang kecil, sehingga setiap usulan di kesampingkan,” ungkapnya.

BACA JUGA:

Tidak Adanya Pelayanan Medis, Ibu Hamil di Lebak Lahirkan di Tengah Jalan

Jalan Taman Sari Baros Serang 10 Tahun Tak Pernah Diperbaiki

Jalan Nasional Soekarno-Hatta Lebak, Berlubang Dan Rawan Kecelakaan
`
Namun demikian, kata Dulhani, pihaknya tetap berharap adanya perhatian dari Pemda Lebak untuk segera melakukan pembangunan jalan Poros Desa yang sudah 4 tahun lalu rusak. Mengingat jalan itu merupakan jalan produktif yang tiap waktu untuk mengangkut hasil tani masyarakat.

Selain itu, tambahnya. pihaknya juga meminta kepada Pemda Lebak agar membangun Puskesmas Pembantu (Pustu) di Desa Cibarani dengan tujuan supaya tidak terulang kembali terjadinya ibu hamil lahir di tengah jalan karena Puskesmas Cirenten jaraknya mencapai 20 Km dari Desa Cibarani..” Ya pastinya kita minta Pemda agar segera memikirkan kondisi di Desa Cibarani ini, dan mencari solusinya, agar hal seperti ini tidak terulang lagi,” pungkasnya.(Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.