Informasi Terbaru Dari Kemenkes, Lebih Dari 10 Hari Covid-19 Tidak Berpotensi Menular

  • Whatsapp
Covid-19
Ilustrasi Covid-19.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM — Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia mengumumkan informasi terbaru terkait perkembangan Covid-19. Dikatakan Kemenkes RI,  bahwa virus Korona yang telah bersarang selama 10 hari di tubuh seseorang tidak lagi berbahaya, sehingga pasien yang dinyatakan positif Covid-19 boleh beraktivitas, apabila telah menjalani isolasi selama 10 hari.

Dikonfirmasi kepada Juru Bicara Penangan Covid-19 Kabupaten Tangerang, dr.Hendra Tarmidzi mengatakan, berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan oleh Kemenkes RI dengan sejumlah ilmuan telah menghasilkan perkembangan informasi tentang Covid-19.

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan setelah 10 hari bersarang di tubuh seseorang Covid-19 masih berada di tenggorokan sampai 30 hari, namun kondisi virus tersebut sudah non aktif atau tidak berpotensi menularkan kepada orang lain.

“Jadi mau di Swab juga hasilnya akan positif, karena yang terdeteksi adalah jasad virus itu sendiri,” kata dr. Hendra, Senin, (5/10/2020). 

BACA JUGA: Litbang Kemenkes Sebut Obat Tradisional Tak Bisa Gantikan Peran Vaksin Corona

Hendra menambahkan, setelah 10 hari bersarang di tubuh, virus corona tidak berpotensi menularkan. Sehingga, virus ini sudah tidak terlalu berbahaya. 

Hal ini berdasarkan, penelitian yang dilakukan oleh internal pemerintah pusat. Setelah 10-14 hari walaupun kontak langsung, bersentuhan, dan lewat droplet, Covid-19 tidak berpotensi menularkan.

“10 hari itu di permenkes, tapi di kita (Kabupaten Tangerang) menerapkan 10-14 hari,” tukasnya (Ricky/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.