Indihome Ajak Musisi Muda Adu Bakat untuk Prambanan Jazz Festival 2022

oleh -
Indihome Ajak Musisi Muda Adu Bakat untuk Prambanan Jazz Festival 2022 indihome telkom regional 2 jakarta
Executive Vice President (EVP) Telkom Regional 2, Mohammad Salsabil pada press conference Jakarta untuk Prambanan Jazz Festival 2022, baru-baru ini mengatakan, nantinya para musisi diajak tampil bersama musisi tanah air pada ajang Prambanan Jazz Festival 2022.

JAKARTA, REDAKSI24.COM – Prambanan Jazz Festival bersama Telkom wilayah Regional 2 Jabodetabek dan Banten, menggelar ajang pencarian bakat bertajuk Jakarta untuk Prambanan Jazz Festival 2022. Pencarian bakat serupa juga digelar di Jawa Barat dan sekitarnya dengan tajuk Jawara menuju Prambanan Jazz Festival 2022.

Perhelatan musik tahunan berskala internasional itu, rencananya akan dihelat dengan konsep hybrid di pelataran Candi Prambanan Yogyakarta pada 1 sampai 3 Juli 2022 mendatang.

IndiHome di bawah naungan Telkom Group bekerja sama dengan i-Konser dan Prambanan Jazz Festival, membuat kompetisi musik untuk mencari musisi-musisi terbaik di setiap wilayah tersebut.

Executive Vice President (EVP) Telkom Regional 2, Mohammad Salsabil pada press conference Jakarta untuk Prambanan Jazz Festival 2022, baru-baru ini mengatakan, nantinya para musisi diajak tampil bersama musisi tanah air pada ajang Prambanan Jazz Festival 2022.

Ajang ini, kata dia, diharapkan menjadi kesempatan bagi para musisi untuk menunjukkan karyanya kepada pecinta musik Indonesia. Seluruh musisi atau band pendaftar akan dikurasi promotor Prambanan Jazz Festival sampai 100 band di setiap regional.

Kemudian, dilanjutkan ke tahap seleksi. Pendaftaran dibuka mulai 6 April 2022 hingga 18 Juni 2022 di Jakarta. Sedangkan untuk Jawara dibuka mulai 6 April 2022 sampai 6 Juni 2022.

BACA JUGA: Jadi Venue Partner, Indihome Sukses Gaspol Internet di Mandalika

“Kami berharap dengan program ini kreativitas bermusik para musisi muda, khususnya di wilayah Jabodetabek dan Banten, bisa lebih berkembang,” ujar Mohammad Salsabil yang dibenarkan CEO & Founder Prambanan Jazz Festival, Anas Syahrul Alimi.

Anas Yahrul Alimi menambahkan, Jakarta untuk Prambanan Jazz Festival 2022 merupakan kesempatan emas bagi para musisi untuk melebarkan sayap di kancah musik nasional maupun internasional. Sehingga proses seleksi telah disusun sedemikian rupa agar dapat memberikan kesempatan bagi para musisi terbaik.

Proses seleksi sendiri akan mengambil dua musisi dari tiap regional yang berhasil lolos seleksi akan kembali melalui beberapa tahapan seleksi dan kurasi 3 juri dari musisi nasional serta pihak promotor.

Para peserta juga diharuskan untuk memiliki minimal 2 karya orisinal berupa video musik atau video live session sebagai syarat registrasi. Pemenang yang terpilih akan menjajal panggung megah Prambanan Jazz Festival 2022 dan juga tampil pada salah satu program tayangan channel i-Konser di IndiHome TV. Pemenang diharapkan bisa menampilkan setidaknya 4 lagu orisinal.

Para peserta bisa mendaftar di website www.ikonser.id dengan menyertakan 2 video (video klip atau video live session), serta persyaratan lain yang terdapat dalam formulir registrasi.

Peserta adalah musisi atau band yang berdomisili di setiap regional, dibuktikan cukup dengan KTP dan terbuka untuk seluruh genre musik serta jenis penampil musik (solo, duo, band, dan sejenisnya) yang sesuai dengan karakter festival.

BACA JUGA: Inagurasi LEAD by IndiHome, Telkom Siapkan Atlet eSport Kelas Dunia

Untuk seleksi awal, masing-masing peserta cukup mengirimkan 1 karya. Selanjutnya, promotor akan memilih 20 band atau peserta berdasarkan viewers tertinggi dan engagement YouTube (i-Konser Channel) yang akan ditayangkan di i-Konser Channel (IndiHome TV) untuk proses seleksi selanjutnya.

Selanjutnya panitia akan memilih 10 band atau peserta dengan viewers terbanyak di i-Konser Channel (IndiHome TV) untuk masuk ke babak final. Dua pemenang dari setiap regional (Telkom Regional 2 dan 3) akan tampil secara langsung di Prambanan Jazz Festival 2022 dengan membawakan 4 karya orisinal.

Seluruh peserta yang mendaftar akan melalui proses kurasi oleh promotor Prambanan Jazz Festival, dan akan dipilih maksimal 100 peserta terbaik. Peserta akan melalui 3 tahapan babak acara.

Pada babak 1, video peserta yang sudah dikirimkan akan langsung ditayangkan pada kanal YouTube i-Konser Channel selama periode 5 sampai dengan 15 Mei 2022 untuk Telkom Regional 3 (Jawa Barat) dan periode 17 sampai 27 Mei 2022 untuk Telkom Regional 2 (Jakarta).

Bagi 20 peserta yang lolos mengikuti babak 2 dari setiap regional, wajib mengirimkan tambahan 1 karya orisinal dalam bentuk video dan akan ditayangkan secara terjadwal pada program i-Konser Channel melalui IndiHome TV. Jadwal penayangan akan diinfokan melalui Instagram @ikonserchannel.

10 peserta dengan viewers terbanyak di i-Konser Channel (IndiHome TV) akan mengikuti babak final pada tanggal 6 Juni 2022 untuk Telkom Regional 3 (Jawa Barat) dan 18 Juni 2022 untuk Telkom Regional 2 (Jakarta).

“Babak final akan dilaksanakan secara tapping melalui i-Konser Channel (IndiHome TV) untuk menentukan siapa yang akan tampil di Prambanan Jazz Festival 2022,” jelas Anas Yahrul.

Dengan adanya gelaran Jakarta untuk Prambanan Jazz Festival 2022 dan JAWARA menuju Prambanan Jazz Festival 2022 dari internet andal IndiHome dan Telkom Group, diharapkan akan muncul nama-nama baru dari setiap regional Jakarta dan Jawara yang sukses berkiprah di belantika musik Indonesia.

Tidak hanya terbatas di regional tersebut, nantinya seluruh daerah di Indonesia juga akan mendapatkan kesempatan sama untuk tampil di Prambanan Jazz Festival 2022, maupun tayangan-tayangan di i-Konser Channel.(Difa)