IKM Salurkan Pasokan Logistik Bantu Korban Terdampak Banjir Bandang di Lebak

oleh -
Bantuan ke korban banjir bandang di Lebak.

LEBAK, REDAKSI24.COM – Berjumlah 10 rombongan mobil yang dipenuhi pasokan logistik, Ikatan Keluarga Minang (IKM) berangkat menuju lokasi bencana banjir bandang untuk menyalurkan bantuan logistik tersebut kepada korban terdampak bencana yang berada di Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Senin (13/1/2020).

Ketua IKM Banten Yemmelia mengatakan, donasi tersebut merupakan uluran tangan dari seluruh masyarakat minang yang berada di Banten untuk membantu meringankan beban para korban terdampak bencana banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Lebak.

” Alhamdulillah kita bisa mengumpulkan berbagai bantuan untuk meringankan beban para korban bencana tersebut,” kata Yemmia kepada Redaksi24.com, Senin (13/1/2020).

Yemmelia menuturkan, pihaknya sendiri memiliki program IKM Peduli sebagai bentuk kepedulian sosial kepada masyarakat sekitar, khususnya bagi daerah yang terdampak bencana. Hal tersebut dilakukan berdasarkan pepatah masyarakat Minang yakni ” Dimana bumi dipijak, disinan langik dijungjang” yang berati dimana kota tempat tinggal, maka tradisi dan adat disanalah yang di hormati.

” Melalui IKM Peduli ini kami berkomitmen untuk terus membantu masyarakat di Banten ini yang mengalami musibah, seperti di Lebak ini,” katanya.

Koordinator Lapangan IKM Peduli Indra Amir Udin mengatakan, dalam pendistribusian logistik ini pihaknya telah berkoordinasi dengan Kodim 0603/Lebak untuk diarahkan ke lokasi yang masih memerlukan bantuan logistik. Dirinya berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat yang menjadi korban terdampak bencana banjir bandang tersebut.

” Hal ini dilakukan agar penyaluran logistik bisa tepat sasaran, menjangkau masyarakat yang lebih membutuhkan,” ujarnya.

BACA JUGA:

Jokowi Minta Pemulihan Infrastruktur Pasca Banjir Bandang di Lebak Selesai 4 Bulan

Bantuan Bagi Korban Banjir Terus Berdatangan ke Kabupaten Lebak

Sementara itu, Dandim 0603 Lebak Letkav Yudha Setiawan mengatakan, pasokan logistik tersebut selanjutnya akan disimpan di beberapa posko utama yakni di Kodim 0603 Lebak, dan di Depo Pendidikan Latihan dan Pertemuan (Dodiklatpur) Rindam III Siliwangi, Kecamatan Sajira, serta di kantor BPBD Lebak, Rangkasbitung, untuk selanjutnya akan disalurkan ke lokasi terdampak bencana yang masih kekurangan pasokan logistik.

” Alhamdulillah saat ini pasokan logistik sudah lebih dari mencukupi, untuk itu kami (Kodim 0603/Lebak) dan juga Pemkab Lebak mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan bantuan kepada korban terdampak bencana,” pungkasnya.

Selanjutnya, para rombongan IKM tersebut diarahkan oleh Dandramil Cimarga Kapten Zainul Arifin untuk menyalurkan bantuan pasokan logistik ke posko utama di Dodiklatpur. (Yusuf/Aan)