IKM Kabupaten Tangerang Harus Melek Teknologi Digital

oleh -
Abraham Garuda Laksono, IKM, Kabupaten Tangerang, Komisi VI, DPR RI,
Abraham Garuda Laksono.

TANGERANG,REDAKSI24.COM–Selain meningkatkan  standarisasi produk dengan mengantongi sertifikasi, dalam meningkatkan daya saing di pasar global, Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kabupaten Tangerang harus menolong diri dalam hal teknologi digital. Hal tersebut diungkapkan praktisi digital Abraham Garuda Leksono saat menjadi pembicara  di acara bimbingan teknis (Bimtek) Penumbuhan dan Pengembangan Wirausaha Baru (WUB)  IKM di Warga Kabupaten Tangerang, yang digelar Kementerian Perdagangan dan Perindustrian (Kemenperin) di Hotel GWR Horison, Kota Tangerang,mulai Senin hingga Kamis , (5-8/4/2021) 

Pria yang akrab disapa Abe ini menjelaskan dengan menguasai teknologi digital maka para pengusaha di sektor IKM akan mampu meningkatkan jumlah pasar tidak hanya di tingkat lokal tetapi juga di negara-negara lain.Bahkan saat dengan perkembangannya menurut Abe, teknologi digital  dapat diterapkan mulai dari produksi hingga pemasaran.

“Jika dahulu para pengusaha khusuya IKM hanya memasarkan produknya dengan jalan door to door  (menjajakan dari pintu ke pintu) saat ini cukup dengan gadget bisa memasarkan ke berbagai calon pembeli dengan jangkauan yang sangat luas,”jelas kaum milenial lulusan James Cook University Singapura di bidang IT, ini

BACA JUGA: Sebanyak 40 Pelaku IKM di Lebak Kantongi Sertifikat Halal

Sementara itu Anggota Komisi VI DPR RI, Ananta Wahana mengatakan para IKM ini perlu didorong untuk terus bertumbuh dan naik kelas hingga tembus ke pasar global. Untuk itu lanjut politisi PDIP ini, para pelaku IKM tersebut harus diberikan edukasi terutama perihal teknologi digital.

Pemerintah mulai dari kementerian Perindustrian hingga Disperindag baik tingkat provinsi dan kabupaten/kota harus secara konsisten memberikan edukasi berupa pendampingan, pelatihan maupun pembinaan kepada IKM agar bisa mengikuti perkembangan teknologi digital,”pungkas Ananta. (Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.