Ibu Kota Banten Banjir, BPBD Kota Serang Sebut Akibat Bangli

  • Whatsapp
banjir kota serang
Menhyusul hujan deras, sejumlah kawasan di Kota Serang terendam banjir dengan ketinggian air bervariasi.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Hujan yang mengguyur sejak pagi hingga malam, mengakibatkan banjir di sejumlah kawasan di Kota Serang, Banten.  Kawasan cukup parah terendam banjir terjadi di Kampung Kaujon Singandaru dan Perumahan Puri Citraland, Kota Serang.

Selain diakibatkan curah hujan yang deras, banjir di prediksi juga karena terjadinya sedimentasi atau penyempitan dan pendangkalan aliran sungai. Sampah juga menjadi penyumbang banjir di ibu kota Provinsi Banten itu.

Bacaan Lainnya

“Serta secara alamiah air membawa sendimen atau endapan lumpur yang mengakibatkan pendangkalan sungai dan saluran air,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kota Serang, Diat Hermawan kepada wartawan, Selasa (19/5/2020).

Dia mengatakan berdasarkan analisa sejak Januari, selain curah hujan yang tinggi, banjir juga disebabkan akibat banyaknya perubahan pada lingkungan.

“Misal Sungai Cibanten itu sudah banyak penyempitan, otomatis akibat Bangli (bangunan liar) yang menutup aliran sungai. Gak mungkin IMB ada di pinggir kali,” katanya kepada wartawan.

Kemudian, sambung Diat Hermawan, akibat penyempitan, sungai menjadi tidak mampu menampung debit air yang tinggi. Sehingga air meluap ke jalan dan pemukiman warga hingga ke saluran irigasi.

“Mestinya ada garis sempadan sungai sebagai batas aliran air. Saat ini yang terjadi sungai berhimpitan dengan bangunan, otomatis mempersempit aliran air,” imbuhnya.

Selain sedimentasi, kata dia, penyebab banjir selanjutnya yaitu sampah,  terutama pada saluran air menuju sungai. “Itu juga mempengaruhi terhadap sedimen aliran sungai,” tandasnya. (Adi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.