Ibadah Haji Tahun 2020 Ditangguhkan, Daftar Tunggu Haji Dipastikan Bakal Mundur Setahun

  • Whatsapp
Haji Indonesia- istimewa.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM — Dengan ditangguhkannya pemberangkatan jemaah haji tahun 2020 oleh pemerintah pusat membuat daftar tunggu haji (waiting list) terganggu. Jadwal pemberangkatan ibadah haji di tahun berikutnya dipastikan bakal mundur setahun.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang, Dedi Mahfudin mengatakan, pembatalan keberangkatan jemaah haji tahun ini sudah otomatis akan membuat daftar tunggu haji atau waiting list ditahun berikutnya bakal mundur setahun.

Bacaan Lainnya

Kata dia, hal itu dikarenakan jamaah haji yang tahun ini jadwal keberangkatannya ditangguhkan, akan diberangkatkan kembali pada tahun 2021 mendatang.
“Otomatis, sudah pasti mundur. Yang batal berangkat tahun ini akan berangkat tahun depan begitu seterusnya,” kata dia kepada Redaksi24.com, Selasa (2/6/2020).

Terkait daftar tunggu haji, ia mengungkapkan, jika waiting list di wilayah Banten bisa mencapai 19-20 tahun. Dengan demikian mereka yang mendaftar haji tahun 2020 baru bisa berangkat ke tanah suci sekitar tahun 2040.

Kata dia, lamanya daftar tunggu haji ini disebabkan jumlah kuota yang diberikan oleh pemerintah Arab Saudi tidak sebanding dengan jumlah pendaftar yang masuk. “Setiap tahunnya Banten mendapat kuota jamaah haji sekitar 10.000, untuk di Kabupaten Tangerang sekitar 2000. Tapi memang animo pendaftar haji di Banten ini sangat luar biasa, jadi tidak pernah cukup,” kata dia

Ia menambahkan, terkait pembatalan keberangkatan jamaah haji ini, Kemenag Kabupaten Tangerang mengimbau kepada seluruh jamaah haji untuk bersabar.

Menurutnya, keputusan pemerintah pusat untuk membatalkan pemberangkatan haji ini demi keselamatan bersama mengingat hampir di seluruh dunia saat ini sedang menghadapi pandemi Covid-19.

“Nanti akan kita buat surat edaran dan sosialiasasi juga untuk para jemaah yang batal berangkat. Mudah-mudahan pandemi ini bisa cepat selesai supaya aktifitas beribadah kembali normal,” tukasnya (Ricky/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.