Hujan Deras dan Angin Kencang Sebabkan Pohon Tumbang di 11 Titik Kota Tangerang

oleh -
Petugas BPBD Kota Tangerang melakukan evakuasi pohon tumbang yang menimpa mobil di depan GOR, Jalan Dimyati Kota Tangerang, Banten.

KOTA TANGERANG, REDAKSI24.COM – Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang yang melanda Kota Tangerang, Banten, Kamis (23/12/2021), menyebabkan pohon tumbang di 11 titik.

Dampak dari itu 3 kendaraan roda empat dan satu unit rumah rusak serta 5 orang mengalami luka-luka akibat tertimpa pohon tersebut. Tidak hanya itu, angin dengan kecepatan 20 knots atau 37,04 kilometer per jam membuat gapura Pasar Lama setinggi 5 meter dan lebar 10 meter rubuh.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang, Ubaidillah Ansar mengatakan,  bahwa seluruh korban pohon tumbang akan mendapatkan asuransi, dengan syarat pohon yang tumbang berada di jalan utama atau protokol Kota Tangerang. 

“Masyarakat yang menjadi korban pohon tumbang di Jalan Protokol bisa mengklaim, karena pohon-pohon di jalan protokol itu sudah kita asuransian,” kata da.

BACA JUGA: Korban Pohon Tumbang di Kota Tangerang Bisa Klaim Asuransi, Ini Syaratnya

Ubaidillah menjelaskan penanganan pohon tumbang tersebut sudah dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), “Kejadian ini karena faktor alam,” kata dia.

Sedangkan mengenai  gapura Pasar Lama yang rubuh, lanjut dia, karena gapura tersebut sudah berumur  7 tahun, Dan rencananya, pihaknya akan merenovasi gapura tersebut dengan branding wisata. “Ya sebelum di renov ternyata rubuh duluan,” kata dia.

BACA JUGA: Asuransi Rp200 Juta Yang Disiapkan Disbudparman Kota Tangerang Untuk Korban Pohon Tumbang Belum Terserap

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Tangerang, A Gufron Falfeli mengungkapkan, pihaknya telah menurunkan petugas untuk melakukan evakuasi terhadap pohon-pohon tumbang. Sedangkan korban yang luka-luka sampai telah dilarikan puskesmas terdekat.

“Dalam kejadian ini dua mobil tertimpa Pohon di Jalan Dimyati dan tiga lainnya di Jalan Kali Pasir, Kota Tangerang, semuanya sudah mendapatkan penanganan dari tim medis,” kata dia.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Tangerang mencatat, kecepatan angin pada hari ini mencapai  37,04 kilometer per jam. Kecepatan tersebut di atas rata-rata kecepatan angin di kota Tangerang  yang hanya 5,7 knots atau 10,6 kilometer per jam.

“Kondisi ini cukup normal, karena periode Desember memang musim hujan. Dalam arti bahwa saat ini akan cukup sering mengalami hujan dengan intensitas ringan, sedang hingga lebat disertai kilat, petir dan angin kencang,” kata Urip Setiyono, Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Klas I Tangerang. (Candra/Aan).