HPSN 2021, Wakil Bupati Tangerang Minta Sampah Dijadikan Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi

  • Whatsapp
H Mad Romli, Kabupaten Tangerang, HPSN,

KABUPATEN TANGERANG,REDAKSI24.COM–Berdasarkan Surat Edaran Menteri LHK bahwa tujuan dilaksanakannya Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional ( HPSN 2021 ) pertama, memperkuat komitmen dan peran aktif pemerintah daerah dalam melaksanakan pengelolaan sampah dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi, kedua memperkuat partisipasi publik dalam upaya menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi melalui gerakan memilah sampah, ketiga adalah memperkuat komitmen dan peran aktif produsen dan pelaku usaha lainnya dalam implementasi bisnis hijau (green business) dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi.

Hal tersebut disampaikan Oleh Wakil Bupati Tangerang, H. Mad Romli saat membuka acara Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2021 yang diselenggarakan oleh Banksasuci Foundation di TPA Jatiwaringin, Mauk Kabupaten Tangerang, Minggu, (21/2/2021).

Bacaan Lainnya

“Sampah merupakan Persoalan Kita Bersama, Pemerintah Kabupaten Tangerang telah Mencanangkan Program KIPPRAH, dan tentu butuh dukungan seluruh pihak termasuk saat ini yang sudah aktif Banksasuci,” ujarnya.

Mad Romli juga berharap Peringatan HPSN 2021 menjadi momentum untuk menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi di masa pandemi.

“Bila kita dapat mengolah dan memanfaat sampah sebagai bahan bermanfaat, Maka Sampah merupakan Bahan Ekonomi di Masa Pandemi saat ini,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Banksasuci Foundation, Ade Yunus menjelaskan bahwa Peringatan HPSN 2021 tahun ini memilih diselenggarakan di TPA Jatiwaringin karena tempat tersebut butuh perhatian khusus dan serius.

“Alhamdulillah tahun ini HPSN 2021 kita selenggarakan di TPA Jatiwaringin guna berbagi bersama dengan warga TPA dan mengajak masyarakat TPA agar memanfaat sampah menjadi Handycraft , tidak melulu dijual ke pengepul, ” jelasnya.

Ade menegaskan bahwa Banksasuci mendukung program KIPPRAH Pemkab Tangerang khususnya dalam melakukan perubahan perilaku terhadap masyarakat.

“Entry point’ sesungguhnya adalah bagaimana melakukan perubahan perilaku masyarakat dalam menyikapi persoalan sampah, dengan edukasi berkelanjutan masyarakat semakin sadar akan arti penting Memilah serta memanfaatkan sampah, makanya kita buat Workshop Recycle,” pungkasnya.

Untuk diketahui kegiatan HPSN 2021 di TPA Jatiwaringin tersebut dihadiri oleh Sekretaris Dinas LHK Kabupaten Tangerang, Camat Mauk dan Camat Sukadiri, Perwakilan Alfamart dan Perwakilan Foodbank Muhajirin, sebanyak 250 Paket dibagikan untuk para Pemulung TPA Jatiwaringin. (Hendra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.