HMI Desak Dugaan Pungli Lapas Serang Segera Diusut

oleh -

SERANG,R24—Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Jabotabek-Banten mendesak aparat penegak hukum, dan tim Saber Pungutan Liar (pungli) melakukan penyelidikan yang mendalam di Lapas Klas II A Serang. Hal itu perlu dilakukan terkait adanya dugaan praktek Pungli  di  yang berlokasi Kelurahan Karundang, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang tersebut.

Ketua Bidang Internal Badko HMI Jabotebek-Banten Januar Eka Nugraha mengatakan, dugaan pungli di Lapas II A Serang saat ini sudah mendapatkan perhatian masyarakat Banten. Untuk itu, Ia meminta penegak hukum untuk segera turun melakukan peyelidikan dugaan pungli tersebut.

“Saya juga mendesak Kemenhumkam segera bertindak karena dugaan pugli di Lapas Klas II Serang sudah nyaring terdengar oleh masyarakat Banten,” kata Januar kepada wartawan, Kamis (16/5).

Januar mengaku, pihaknya akan segera mendatangi Ombusman Republik Indonesia untuk menayakan tindak lanjut pengusutan yang dilakukan oleh Lembaga negara yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik tersebut.

“Saya dapat informasi Ombusman RI sudah melakukan pengusutan. Untuk itu, kami akan mendatangi kantor Ombusman untuk menayakan sudah sejauh mana pengusutanya,” ungkapnya.

Januar juga mengatakan, bila Kemenhumkam RI mealui Direktorat Jendral Pemasyarakatan tidak melakukan tidakan apapun terhadap dugaan Pungli Lapas Klas II A Serang itu. Pekan depan, dirinya dengan sejumlah mahasiswa Banten akan mengelar aksi demontrasi di Kemenhumkan RI.

“Saya minta Dirjen Pas respon dengan informasi awal itu. Jika dugaan pungli itu tidak benar. sampaikan ke publik,” tutupnya.(imr/hdr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *