Himbauan Stay At Home Tingkatkan Ibu Hamil di Kota Serang

  • Whatsapp
ibu hamil
Ilustrasi ibu hamil.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Dengan adanya himbauan agar masyarakat stay at home atau tetap di rumah selama covid-19 menjadi faktor meningkatnya jumlah ibu hamil di Kota Serang, Banten.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang, Lenny Suryani mengakui, selama pandemi covid-19 jumlah ibu hamil di Ibu Kota Provinsi Banten meningkat hingga 10 persen.

Bacaan Lainnya

“Di bulan Maret ada 1.730 ibu hamil dan pada April meningkat jadi 2.066,” katanya kepada wartawan di Kota Serang, Jum’at (5/6/2020).

Selain itu, sambung Lenny, ibu hamil yang berkunjung ke Puskesmas untuk melakukan pengecekan kehamilan jumlahnya juga meningkat. Jika pada bulan Maret jumlah kunjungan ibu hamil hanya 935 orang, kata dia, pada bulan April meningkat menjadi 1.228 orang.

“Ada kenaikan karena adanya pandemic covid-19, semua di rumah tidak ada yang bekerja,” imbuhnya.

Lenny menjelaskan, jumlah itu merupakan total keseluruhan ibu hamil di Kota Serang, mulai dari yang terdata di Puskesmas maupun di klinik swasta. Dari jumlah tersebut, menurut Lenny, mayoritas kehamilan baru terjadi pada ibu  yang sudah memiliki anak atau pasangan yang sudah lama menikah.

“Paling banyak yang sudah lama. Karena dengan kondisi tingkat pernikahan menurun. Jadi penambahan ibu hamil umumnya dari pasangan yang sudah punya anak,” jelasnya.

Lenny memprediksi trend ibu hamil jumlahnya masih akan terus meningkat menyusul rencana penerapan new normal atau tatan kehidupan baru di Kota Serang.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang, M Ikbal berharap warga mengikuti anjuran pemerintah terkait program Keluarga Berencana (KB) meskipun ditengah masa pandemi dan banyak beraktivitas di rumah.

“Walau bagaimana pun juga program KB itu untuk meningkatkan kesejahteraan kelaurga, kami harap setiap pasangan tetap memperhatikan program KB meski pandemic Covid-19 belum berakhir,” tandasnya.(Adi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.