Haul Bung Karno, PDI P Banten Gelorakan Gotong Royong Melawan Covid-19

  • Whatsapp
Bulan Bung Karno
Pengurus DPD PDI P Banten memperingati Haul Bung Karno ke 50 di DPD PDI P Banten, Kota Serang.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Bulan Juni sering diistilahkan sebagai bulannya Bung Karno. Penyebutan tersebut bukan tanpa alasan. Namun sengaja disematkan karena memang mengandung sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Demikian disampaikan Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten, Ade Sumardi saat memperingati Hari Pancasila di Gedung DPD PDIP Provinsi Banten, Kota Serang, Minggu (21/6/2020).

Bacaan Lainnya

“Menurut sejarah pada bulan Juni terdapat tiga peristiwa penting tentang Presiden pertama Republik Indonesia, Sokarno atau Bung Karno,” kata Ade.

Pada tanggal 1 Juni 1901 Bung Karno lahir. Kemudian, kata Ade, pada tanggal 1 Juni 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI), Bung Karno menyampaikan gagasannya tentang Pancasila yang kemudian ditetapkan sebagai dasar Negara Indonesia.

“Selanjutnya, kesepakatan 1 Juni 1945 sebagai hari lahir Pancasila berdasarkan Keputusan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang dituangkan dalam Ketetapan nomor XX tahun 1966. Kemudian pada tanggal 21 Juni 1971 Bung Karno wafat,” katanya.

Maka dari itu, sambung Ade, pada bulan Juni DPD PDI P Provinsi Banten memperingati Bulan Bung Karno sekaligus haul ke 50 sebagai bentuk upaya melanjutkan gagasan serta pemikiran sang Proklamator Kemerdekaan RI tersebut.

“Namun tetap memperhatikan kondisi pandemi covid-19 sehingga terdapat pembatasan dan penyesuaian para peserta,” imbuhnya.

Pihaknya juga meminta seluruh kader dan simpatisan PDI P selalu menggelorakan semangat Bung Karno dalam setiap langkah perjuangan di masyarakat, termasuk semangat gotong-royong dalam menghadapi pandemi covid-19 yang hari ini tak kunjung usai.

Dalam merayakan Bulan Bung Karno, PDIP juga kegiatan do’a bersama, diskusi yang digelar secara online dan berbagai lomba di media sosial bertema Bung Karno bagi kaum milenial di Provinsi Banten.

Ada pun lomba bertema Bung Karno diantaranya, lomba pidato dengan konten vlog dengan tema Soekarno dimata dunia, Soekarno dimata kaum muda dan gotong royong melawan covid-19 yang bersumber pada isi pidato Bung Karno. Sedangkan lomba poster mengusung tema Bung Karno Bapak Bangsa.

“Pemenang lomba akan diumumkan pada 6 Juli 2020 dan para peserta diharapkan memposting hasil karyanya paling lambat 30 Juni 2020,” tandasnya.(Adi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.