Hasil Rapid Test, 22 Petugas Pilkada Pandeglang Reaktif Covid-19

  • Whatsapp
rapid test pandeglang
Sebanyak 22 petugas Pilkada Kabupaten Pandeglang dinyatakann reaktif covid-19 setelah menjalani rapid test massal.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Sebanyak 22 petugas penyelenggaran pemilu di Kabupaten Pandeglang, Banten, reaktif covid-19. Hasil tersebut diketahui setelah mereka menjalani rapid test massal di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Berkah Pandeglang. Karena itu, 22 petugas Pemilu tidak diizinkan untuk bertugas melaksanakan tahapan Pilkada Pandeglang 2020.

Ketua KPU Pandeglang, Ahmad Sujai mengatakan, rapid test massal dilakukan kepada seluruh penyelenggara  Pemilu, mulai KPU hingga tingkat PPS. Hasilnya, ada sebanyak 22 orang yang dinyatakan reaktif rapid test.

Bacaan Lainnya

“Sesuai prosedur penanggulangan covid-19, ke 22 penyelenggara Pemilu yang hasil rapid testnya reaktif, disarankan untuk melakukan isolasi mandiri. Kami tidak mengikutsertakan ke 22 orang itu melaksanakan tahapan Pilkada,” ungkap Sujai melalui sambungan telepon, Selasa (30/6/2020).

Lanjut Sujai, sebanyak 22 penyelenggaran Pemilu yang hasil rapid testnya reaktif, menjadi proses tindaklanjut tim gugus tugas penanggulangan covid-19 Kabupaten Pandeglang. “Salah satunya melakukan isolasi mandiri, dan rencananya akan dilakukan tes swab oleh tim gugus tugas covid-19 Pandeglang,” katanya.

BACA JUGA: Jelang Tahapan Pilkada, Penyelenggara Pemilu di Pandeglang Jalani Rapid Test

Menurutnya, rapid test massal untuk memastikan kesehatan penyelenggara Pemilu menjelang dialnjutkannya pelaksanaan tahapan Pilkada, yakni verifikasi faktual dukungan pasangan bakal calon perseorangan.

Meski hasil rapid test reaktif, menurut Sujai, tentu dipastikan positif covid-19. Namun, kata dia, antisipasi penyebaran covid-19 sangat perlu dilakukan, salah satunya dengan menyarankan yang bersangkutan untuk isolasi mandiri dan tidak ikut melaksanakan tahapan Pilkada.

“Untuk menjaga keselamatan penyelenggara lainnya dan masyarakat atau pihak terkait lainnya, ke 22 orang itu harus menjalani isolasi mandiri sampai menunggu hasil tes swab. Jika hasil tes swab negatif, mereka bisa melanjutkan tugasnya lagi,” ujarnya.

BACA JUGA: Tahapan Pilkada Pandeglang Berlanjut, Jajaran KPU Jalani Rapid Test, Bawaslu Tidak

Terpisah, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanggulangan covid-19 Pandeglang, dr Achmad Sulaeman membenarkan sebanyak 22 petugas Pilkada yang reaktif terhadap rapid test. Pihaknya telah melakukan tracking dan tes swab terhadap ke 22 petugas Pilkada tersebut.

“Selama hasil tes swab belum keluar, mereka menjalani isolasi mandiri dan tidak melakukan ativitas di luar rumah terlebih dahulu,” tandasnya.(Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.