Hari Anak Nasional, Kekerasan Seksual Terhadap Anak di Kabupaten Tangerang Masih Marak

  • Whatsapp
Peringatan Hari Anak Nasional 2020 tingkat Kabupaten Tangerang.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM — Kasus kekerasan seksual terhadap  anak di Kabupaten Tangerang masih marak terjadi. Dari banyaknya kasus yang dilaporkan ke Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Tangerang, kasus pelecehan seksual paling mendominasi. 

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika pada acara penyerahan bantuan CSR kepada Anak Berkebutuhan Khusus dan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) dalam rangka Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Tangerang Tahun 2020 di aula DP3A, Kamis (23/7/2020). 

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, sampai bulan juli 2020 ini sudah terjadi 95 kasus kekerasan terhadap anak yang dilaporkan ke DP3A Kabupaten Tangerang. Jumlah tersebut didominasi oleh kasus kekerasan seksual. “Ini sangat mengerikan, karena anak merupakan generasi bangsa yang harus kita lindungi,” kata Asep 

Meski demikian, sambung dia, jika dilihat dari jumlahnya angka kekerasan terhadap anak di Kabupaten Tangerang relatif menurun jika dibandingkan tahun 2018  sebanyak 245 kasus dan tahun 2019 mencapai 275 kasus. 

BACA JUGA: Pemuda Harus Memiliki Inovasi Berperan Dalam Kancah Internasional

Ia melanjutkan, dari seluruh kasus yang terjadi DP3A Kabupaten Tangerang sudah memberikan trauma healing kepada para korban melalui psikolog yang sudah disediakan. Kata dia, trauma healing biasanya dilakukan 1-3 kali tergantung dari berat tidaknya kasus yang dialami korban. 

“Tapi apabila kasusnya berat trauma healing bisa dilakukan sampai 10 kali,” kata dia 

Ia juga mengajak kepada seluruh masyarakat, untuk melapor ke DP3A Kabupaten Tangerang apabila di wilayahnya terjadi kasus kekerasan terhadap anak agar korban bisa mendapatkan penanganan secara medis melalui trauma healing. 

Sementara itu dalam peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2020  ini Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui program CSR turut memberikan bantuan berupa 100 pasang sepatu bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), 3 buah kursi roda, alat bantu dengar, dan 150 paket sembako. 

“Alhamdulillah kita berikan bantuan ini dalam rangka Hari Anak Nasional semoga bermanfaat bagi yang menerima,” pungkas Wakil Bupati Tangerang Mad Romli usai menyerahkan bantuan. (Ricky/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.