Hadapi Pilkada di Banten, Gerindra Bakal Usung Kader Internal

  • Whatsapp
Desmon Mahesa
Ketua DPD Partai Gerindra Banten, Desmon Mahesa.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Banten menjadi penyumbang suara terbesar setelah Sumatera Barat (Sumbar). Di Sumbar, Gerindra mampu meraup suara 85 persen pada Pilpres Juni lalu, disusul Banten dengan perolehan 61 persen suara.

Dalam Pemilihan Legislatif (Pileg), Gerindra juga menjuarai Banten. Keunggulan suara Pilpres, berbanding lurus dengan kemenangan Pileg. Kursi Ketua DPRD Banten pun diambilalih Gerindra dari PDI P.

Bacaan Lainnya

Berbekal itu partai Gerindra mengaku siap bertarung dalam sejumlah Pilkada yang akan dilaksanakan di beberapa kabupaten/kota di Provinsi Banten. “Intruksi dari dewan pembina, Prabowo Subianto, untuk di Banten Gerindra siap bertarung,” kata Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Gerindra Banten, Desmon Mahesa saat tasyakuran DPR RI, DPRD Banten, DPRD kabupaten/kota, di kediamannya, Perum Kompek Depag Kelurahan Ciwaru, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, Minggu malam (6/10/2019).

BACA JUGA:

. Koalisi Parpol Pendukung Prabowo-Sandi Tantang Tatu di Pilbup Serang

. Buka Pintu untuk Lili Romli, Gerindra Banten tak Utamakan Kader Internal

. Sekjen Gerindra Bilang Rakyat Harusnya Lebih Sejahtera

Ada empat daerah di Banten yang akan melaksanakan Pilkada serentak pada tahun 2020 mendatang, yakni Kota Cilegon, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang dan Kota Tangerang Selatan. Dari keempat daerah ini, dua diantaranya dikuasai Partai Gerindra, yakni Kabupaten Pandeglang dan Kota Tangerang Selatan.

Peluang mengajukan calon sendiri sangat terbuka bagi Partai Gerindra, terlepas itu dari kader internal ataupun eksternal. Namun yang pasti ada mekanisme penjaringan partai yang harus diikuti.

“Partai Gerindra sangat terbuka buat siapa saja yang ingin maju di Pilkada, yang penting harus mengikuti prosedur yang telah ditetapkan partai,” katanya.

Disinggung soal kemungkinan koalisi adil makmur dilanjutkan di sejumlah Pilkada di Banten, Desmon tak menampiknya. Menurut Desmon, di jajaran DPP, dirinya sudah melakukan komunikasi yang intens dengan PAN dan PKS terkait persiapan menjelang Pilkada di beberapa daerah di Banten. “Mudah-mudahan kami selalu bersama,” katanya.

Desmon mengaku dalam waktu dekat partainya akan membuka penjaringan bagi bakal calon Kepala Daerah. Misinya menang, bukan kalah. Arah politiknya rasional. Jika ada kader yang potensial dan akan menang, maka akan didukung, termasuk Sofwan jika ingin maju.

“Tapi jika ada orang lain yang potensial untuk menang, kami akan jalin komunikasi menyamakan visi dan misinya. Kader internal itu bisa nomor satu atau dua, tergantung bagaimana potensi menangnya,” tutupnya.

Sejumlah tokoh hadir dalam acara tasyakuran tersebut, seperti Bupati Serang Tatu Chasanah yang datang bersama Ketua DPD Golkar Kabupaten Serang Fahmi Hakim, Bupati Lebak Iti Oktavia Jayabaya yang datang bersama jajaran pengurus DPD Demokrat Provinsi Banten, mantan Bupati Serang Taufik Nuriman yang datang bersama anaknya Eki Baihaki serta Ketua ICMI Provinsi Banten, Lili Romli. (Luthfi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.