Hadapi New Normal, Dinkes Pandeglang Masih Minim APD

  • Whatsapp
new normal
Kepala Dinkes Kabupaten Pandeglang, Rd Dewi Setiani.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Dalam menghadapi tatanan kehidupan baru atau New Normal pada masa pandemi covid-19, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang masih minim ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD). Ketersediaan APD yang ada hanya mampu untuk mencukupi satu bulan kedepan. Sehingga diperlukan penambahan APD dari pemerintah.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang, Rd Dewi Setiani mengakui, persiapan APD dalam menghadapi New Normal sangat minim. Namun pihaknya, sekarang ini sedang mengajukan penambahan APD melalui Bupati Pandeglang.

Bacaan Lainnya

“Mudah – mudahan pengajuan penambahan APD yang kami lakukan bisa direalisasikan melalui Bantuan Keuangan (Bankeu). Karena memang, untuk menerapkan New Normal itu APD harus terpenuhi maksimal,” ungkap Dewi, Rabu (10/6/2020).

Dikatakannya, sejauh ini APD yang tersedia hanya mencukupi selama satu bulan kedepan. Akan tetapi jika masyarakat tidak memahami apa itu New Normal atau tatanan baru, maka pemerintah akan kerepotan juga.

“Untuk persiapan awal masyarakat harus diedukasi dulu, agar memahami apa itu New Normal dan apa yang harus dilakukan dalam menjalankan tatanan kehidupan baru pada masa pandemi covid-19,” katanya.

Menurutnya, ada tiga hal yang perlu dijalankan masyarakat dalam penerapan New Normal pada masa pandemi covid-19, yaitu menggunakan masker, rajin cuci tangan dengan menggunakan sabut dan menjaga jarak dengan orang lain.

“Masyarakat harus disiplin dalam tatanan baru ini, karena kalau tidak disiplin khawatir ada lonjakan penularan covid-19,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Puskesmas Labuan, Angga mengaku ketersediaan APD sejauh ini masih memadai. Itupun diperkirakan hanya mencukupi selama satu bulan ke depan. Dia berharap ada penambahan APD.

“Kalau APD masih ada, namun tidak terlalu banyak hanya cukup untuk satu bulan,” akunya. (Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.