Hadapi New Normal, Dindik Kota Cilegon Siapkan Sistem Home Schooling

  • Whatsapp
home schooling
Kepala Dindik Kota Cielgon, Ismatullah.

CILEGON, REDAKSI24.COM – Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Cilegon telah menyiapkan skema new normal pada sekolah menjelang tahun ajaran baru 2020-2021 yang rencananya dimulai 13 Juli 2020. Selain diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan, setiap sekolah juga tengah mempersiapkan home schooling.

“Saya belum membuat peta khusus, intinya kami sedang mempersiapkan diri, seperti face shield, sekolah sudah mulai belanja perlengkapan itu,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Cilegon, Ismatullah kepada Redaksi24.com, Senin (22/6/2020).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, dalam new normal nanti akan ada tiga panduan dalam menjalankan proses kegiatan belajar mengajar (KBM), seperti daring, daring luring dan luring. Jika daring murni, kata dia, berarti KBM dilakukan secara online, daring luring bisa setengah online dan setengah manual.

“Kalau yang luring itu murni tatap muka untuk kawasan yang tidak terakses internet atau wifi,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, sekolah juga sedang menyusun rencana menerapkan sistem home schooling untuk menutupi sistem daring yang saat ini mendominasi. Jadi, kata dia, pada tanggal 13 Juli 2020 mendatang, Kota Cilegon menggunakan pola daring dengan gabungan home schooling.

“Apa itu Home schooling? Menggunakan tata pola pembelajaran kurikulum non formal. Contoh, bila seminggu ini wali kelas mengajar di kelas, akan ada waktunya home visit, guru yang menghampiri murid ke rumahnya,” jelasnya.

Home schooling akan berlaku untuk jenjang TK/Paud. Sedangkan SMP akan menerapkan full daring serta untuk jenjang SD menerapkan gabungan daring dan home schooling. “Untuk waktunya nanti akan dikurangi. Jika TK/Paud biasanya sehari 3 jam, nantinya menjadi 1 jam setengah,” tandasnya.(Firasat/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.