Hadapi Musim Paceklik, Ratusan Nelayan Pandeglang Dilatih Wirausaha

  • Whatsapp
nelayan pandeglang
Para istri nelayan di Kecamatan Panimbang, Pandeglang, mendqpat pelatihan wirausaha dari Kementerian KP RI.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Ratusan nelayan Pandeglang, diberikan pelatihan pengembangan usaha dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI. Langkah itu dilakukan sebagai upaya dalam menstabilkan ekonomi warga nelayan pada masa pandemi covid-19.

Diketahui, ada sekitar 100 nelayan dari beberapa kecamatan di Pandeglang, yang mengikuti pelatihan kewirausahaan tersebut. Untuk para istri nelayan dilatih pengembangan usaha kuliner dan olahan ikan, sementara suaminya, diberikan pelatihan membuat alat tangkap dan perbaikan mesin kapal tangkap ikan.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Perikanan Pandeglang, Suaedi Kurdiatna mengatakan, pelatihan kewirausahaan bagi para nelayan ini, untuk meningkatkan kreativitas para belayan dan menstabilkan ekonomi warga pada masa pandemi covid-19. Sebab, kata dia, pandemi itu berdampak terhadap semua sektor, salah satunya prekonomian masyarakat nelayan.

“Disamping untuk meningkatkan skil atau kemampuan nelayan dalam bidang wirausaha, juga untuk mengetahui program-program dari KKP. Namun yang jelas hal ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi warga, terlebih pada masa pandemi covid-19 ini,” ungkap Suaedi saat menghadiri acara pelatihan kewirausahaan bagi nelayan di Kantor Desa Panimbang Jaya, Kecamatan Panimbang, Kamis (10/9/2020).

BACA JUGA: Cuaca Ekstrem, Nelayan Pandeglang Tak Bisa Melaut

Tak hanya itu lanjut Kadiskan, melalui kegiatan ini para nelayan bisa mengetahui kegiatan apa saja yang menjadi kebijakan KKP RI. Karena selain pelatihan, pihak KKP juga memberikan sosialisasi yang berkaitan dengan asuransi nelayan serta program lainnya.

“Para peserta ini selain diberikan pelatihan, juga untuk tindaklanjut ke depan agar pengembangan usahanya tetap berjalan. Peserta diberikan bantuan alat untuk pengembangan usaha itu, dan kamipun akan terua melakukan pendampingan,” katanya.

Di tempat yang sama, Kasubdit Usaha Nelayan Direktorat Perizinan dan Kenelayanan KKP RI, Novia Tri Rahmawati menuturkan, pihaknya menginginkan ada peningkatan kompetensi dan keterampian para nelayan. Untuk itu pihaknya memberikan pelatihan kewirausahaan terhadap ratusan nelayan di Pandeglang.

“Jadi melalui kegiatan ini, para nelayan dan keluarganya bisa meningkatkan produktivitas wirausahanya. Sehingga ekonomi nelayan juga bisa meningkat, terutama pada masa pandemi covid-19,” tuturnya.

Ditambahkannya, setelah diberikan pelatihan, diharapkannya pihak dinas terkait bisa terus melakukan pendampingan, agar usaha mereka (nelayan) tetap berjalan dan berkembang. Novia juga mengaku, pelatihan ini juga sebagai antisipasi para nelayan saat memasuki musim paceklik.

“Kegiatan ini upaya menstabilkan ekonomi warga, terlebih jika memasuki musim paceklik. Karena itu ketika nelayan menganggur, bisa terbantu oleh istrinya dengan usaha lain,” tandasnya. (Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.