Hadapi Era Digital, HIPKI Dorong Kolaborasi Berbasis Masyarakat

oleh -

TIGARAKSA, – Setelah vakum lama, Himpunan Penyelengaraan Pelatihan dan Kursus Indonesia (HIPKI) KabupatenTangerang menggelar MusyawarahKabupaten Luar Biasa (Muskalub. Dalam kegiatan tersebut terpilih Agus Hasanudin sebagai Ketua HIPKI Kabupaten Tangerang periode 2019-2023.

Dalam sambutannya Agus menyampaikan besarnya tantangan di era ekonomi digital dan kreatif adalah penguatan Sumber Daya Manusia (SDM ). Itulah mengapa HIPKI Kabupaten Tangerang harus ikut berperan mendorong dan melakukan langkah strategis terhadap penguatan SDM yang berkompeten, berkualitas dan konsisten terhadap nilai danbudaya di KabupatenTangerang.

“Kedepan, kami akan melakukan langkah strategis penguatan SDM dengan pihak akademisi, pelaku usaha, komunitas, juga pemerintah,” jelas Agus pada acara Muskablu HIPKI Kabupaten Tangerang di, Aula DinasPendidikan KabupatenTangerang, (26/3).

Menurut Agus, sinergitas berbasis masyarakat tersebut, , harus dikedepankan sehingga , HIPKI mau tidak mau harus memahami kondisi faktual di masyarakat terhadap kebutuhan penguasaan keterampilan.

“Misalnya, mendorong keterampilan konsep penguasaan teknologi, penguasaan ekonomi kreatif hingga penguasaan kearifan lokal di Kabupaten Tangerang yaitu prakarya kerajinan bambu, itu yang kita sebut kolaborasi berbasis masyarakat,” tegasnya.

Agus mengaku langkah-langkah yang akan Ia lakukan akan diawali dahulu dengan penguatan lembaga agar para lembaga kursus dan pelatihan bisa memahami kondisi masyarakat terkini.

“Saya kira ini yang akan kami identifikasi dahulu mana kekuatan, kelemahan, peluang dan juga tantangan di lapangan,” ujarnya.

Sementaraitu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Hadisa Masyur berharap agar kepengurusan HIPKI periode 2019-2023 bisa bersinergi bersama pemerintah dalam membangun SDM. “Ketua baru terpilih bisa membangun SDM yang memilikikompetensi dan kapasitas di bidang vokasi bersama pemerintah,” ungkapnya. (Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.