Gubernur Belum Putuskan Nasib Kepala Biro Perekonomian

  • Whatsapp
wahidin halim
Gubernur Banten, Wahidin Halim.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Hasil Open Bidding yang dilakukan Pemprov Banten untuk mengisi jabatan Kepala Biro Perekonomian sudah memunculkan satu nama. Riza A Kurniawan mendapat nilai tertinggi berdasarkan hasil seleksi tim Pansel. Sudah satu bulan lebih, Putra mantan Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi itu, hingga kini belum juga dilantik. Posisinya kini masih ditangguhkan.

Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) sendiri tidak bisa memastikan kapan pelantikan Riza dilakukan. Menurut mantan Walikota Tangerang dua periode itu, pelantikan Riza menunggu hasil penelusuran rekam jejak dari pengadilan.

Bacaan Lainnya

“Sampai saat ini saya belum menerima hasil penelusuran dari pengadilan. Kalau sudah ada, saya bisa putuskan dilantik atau tidaknya,” kata WH, Kamis (18/10/2019).

Riza sendiri pernah dipanggil dalam kasus dugaan korupsi alokasi dana Tunjangan Daerah (Tunda) tahun 2011-2015 pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Pandeglang di Pengadilan Negeri (PN) Serang.

Dalam kasus ini, Kejari Pandeglang menetapkan empat tersangka yakni Nurhasan selaku Sekretaris Dindikbud 2012-2016, Abdul Azis Kepala Dindikbud tahun 2012-2013, Rika Yusilawati selaku Bendahara pengeluaran 2012 -2013 dan Ila Nuriawati selaku staf Dindikbud. Sementara Riza yang merupakan anak mantan Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi hanya sebagai saksi. Kala itu Riza menjabat sebagai Kasi Analisa dan Penyusunan Penganggaran di DPKPA 2009-2011.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Komarudin turut angkat bicara menanggapi penangguhan pelantikan Kabiro Perekonomian ini. Menurutnya, gubernur itu sangat hati-hati dalam memilih sosok pejabat yang akan membantunya dalam membantu menyukseskan misi pembangunan di Banten, karenakan banyak mata yang akan mengawasi kinerjanya.

Selain itu, kata dia, bagi gubernur jabatan itu ibarat dua sisi mata uang. Sisi pertama itu adalah amanah, dan sisi kedua adalah fasilitas penunjang. “Pak Gubernur mencari sosok yang lebih mengutamakan sisi amanahnya. Jika yang bersangkutan amanah, mudah-mudahan prioritas kerjanya akan maksimal dan fasilitas itu pasti akan mengikuti,” katanya. (Luthfi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.