Gubernur Banten Tetapkan Corona sebagai Kejadian Luar Biasa

  • Whatsapp
KLB corona
Gubernur Banten Wahidin Halim memberi keterangan pers usai rapat penetapan KLB Virus Corona, Sabtu (14/3/2020).

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Gubernur Banten, Wahidin Halim akhirnya meningkatkan status wabah Pandemi Virus Corona menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) di seluruh wilayah Provinsi Banten. Status KLB itu ditetapkan gubernur sejak Sabtu (14/3/2020) setelah menggelar rapat bersama Sekda dan seluruh kepala OPD/Badan di lingkungan Pemprov Banten.

Dengan peningkatan status itu, Pemprov Banten bisa memaksimalkan baik dalam hal penanganan maupun pencegahannya. “Penetapan KLB sebagai salah satu upaya Pemprov Banten dalam membatasi kecepatan sebaran/paparan virus corona (Covid-19) terhadap masyarakat di wilayah Provinsi Banten,” ujar pria yang akrab disapa WH itu.

Bacaan Lainnya

Selain itu, WH juga memberikan instruksi kepada Dinas Pendidikan agar meliburkan Siswa SMA/SMK Negeri dan Swasta maupun SKH untuk melakukan kegiatan pembelajaran di rumah selama dua pekan, terhitung mulai Senin 16 – 30 Maret 2020 atau kelas jauh (online). Terkecuali untuk siswa Kelas 12, tetap melakukan kegiatannya sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

“Upacara dan apel bersama juga tidak dilaksanakan. Kami membatasi berbagai kegiatan dengan kehadiran orang yang banyak. Kunjungan kerja dari dan ke luar kota juga kami batalkan,” ujarnya.

Semua intruksi itu, lanjut WH, berlaku sampai ada pengumuman resmi berakhirnya masa KLB Wabah Pandemi Virus Corona. WH juga menghimbau masyarakat agar menghindari tempat-tempat pertemuan dan keramaian umum. Diusahakan sedapat mungkin tidak melakukan perjalanan ke daerah yang terkena wabah Virus Corona. Dan masyarakat tetap waspada dan  tidak panik.

“Selalu menjaga kesehatan, mencuci tangan dengan sabun, konsumsi makanan bergizi, cukup istirahat, dan berolahraga,” tuturnya.

BACA JUGA:

. Fraksi Demokrat DPRD Banten Dorong Gubernur Tetapkan Status KLB Virus Corona

. Gubernur Banten Akui Tidak Koordinasi dengan Pemerintah Pusat

. Gubernur Banten Umumkan Positif Corona, Pengelola EO Batal Gelar Even di Kota Serang

Sesuai jadwal yang diterima, sejatinya rapat penanganan Virus Corona itu akan dilaksanakan pada Senin (16/3/2020). Namun karena kondisi yang sangat mendesak, Gubernur Banten akhirnya mempercepat pembahasan peningkatan status tersebut.

Penetapan KLB mendapat apresiasi dari Ketua Komisi V DPRD Banten, Muhammad Nizar.  Meski sebelumnya sempat ditegur karena mendahului Protap yang berlaku, namun itu bentuk kewaspadaan gubernur sebagai pemimpin daerah untuk memberikan informasi dan menghimbau kepada warganya agar tenang dalam menghadapi masalah ini.

“Saya mengapresiasi itu. Mudah-mudahan dengan langkah ini, semua masyarakat Banten terhindar dari wabah Pandemi Virus Corona,” katanya.(Luthfi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar