Gubernur Banten Perintahkan Bupati dan Wali Kota Tutup Tempat Wisata

oleh -
gubernur banten
Pengunjung wisata di Banten tak lagi terbendung, Gubernur Banten Wahidin Halim langsung perintahkan bupati dan walikota di wilayahnya untuk menutup semua tempat wisata hingga akhir Mei nanti. Foto: Pengunjung wisata Pantai Anyer di Kabupaten Serang yang nampak membludak.

SERANG, REDAKSI24.COM–Gubernur Banten Wahidin Halim mengeluarkan surat edaran memerintahkan bupati dan wali kota di wilayahnya agar menutup tempat wisata lantaran pengunjung sudah tak bisa terbendung lagi.

Dalam surat edaran bernomor 556/901-Dispar/2021, Gubernur Banten meminta kepada bupati dan wali kota agar menutup semua tempat wisata terhitung 15 – 30 Mei mendatang.

Wahidin Halim menyebut alasan penutupan itu adalah berdasarkan hasil pemantauan terhadap tempat wisata di wilayahnya pada 14 – 15 Mei, telah terjadi ledakan pengunjung yang menimbulkan pelanggaran protokol kesehatan.

Kondisi itu, kata Wahidin Halim, tentu sangat mengkhawatirkan lantaran bisa menimbulkan risiko meningkatnya penyebaran virus COVID-19 yang berpotensi memicu ledakan kasus positif COVID-19 usai libur lebaran.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan, keputusan Gubernur Banten tersebut diambil berdasarkan evaluasi atas membludaknya kunjungan wisata lantaran sudah tak terbendung lagi.

“Wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata, sangat padat dan ramai. Hal ini memicu timbulnya kerumunan yang akan berpotensi peningkatan kasus COVID-19 dari cluster wisata,” ujar Ati Pramudji Hastuti saat dikonfirmasi wartawan pada Sabtu (15/5/2021) malam.

Oleh karena itu, Ati menegaskan, penutupan objek wisata dimulai sejak 15 Mei  pukul 21.00 WIB sampai 30 Mei nanti.

 

Bupati Tangerang Bubarkan Langsung

Sebelumnya terpantau di beberapa obyek wisata di Banten, di Pantai Anyer Kabupaten Serang dan Pantai Carita Kabupaten Pandeglang pengunjung membludak.

Akibatnya jalur kendaraan yang menuju ke objek wisata tersebut macet parah. Kemacetan sudah terjadi dari Kawasan Palima dan Cinangka.

Kemudian, tempat wisata Pantai Tanjung Pasir di Kabupaten Tangerang juga terjadi padat pengunjung.

Sehingga Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar yang turun ke lapangan membubarkan langsung kerumunan pengunjung yang melebihi kapasitas tersebut.

Lalu, di Mall Ciputra Citra Raya, Kabupaten Tangerang juga mengalami peningkatan pengunjung. Hal itu membuat Sekretaris Satgas COVID-19 Kabupaten Tangerang Moch Maesal Rasyid mengambil alih pusat informasi di Mall yang berada di Kecamatan Panongan tersebut.

Moch Maesal Rasyid yang juga Sekda Kabupaten Tangerang itu menghimbau pengunjung Mall untuk menjalankan protokol kesehatan.(joe/ejp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.