Godok Raperda Kepariwisataan, Dispora dan PHRI Kabupaten Tangerang Bentuk Pokja Pariwisata

oleh -
POKJA PARIWISATA : Disporabudpar) bersama Badan Pimpinan Cabang Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (BPC PHRI) Kabupaten Tangerang, tengah membentuk Kelompok Kerja (Pokja) Pariwisata, untuk memberikan rekomendasi kepada Bupati Tangerang, dalam rangka pembuatan Peraturan Daerah (Perda) Pariwisata di tahun 2020, Kamis (20/6/2019).

REDAKSI24.COM—Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) bersama Badan Pimpinan Cabang Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (BPC PHRI) Kabupaten Tangerang, membentuk Kelompok Kerja (Pokja) Pariwisata, Kamis (20/6/2019). Pokja tersebut memiliki tugas untuk  memberikan rekomendasi kepada Bupati Tangerang, terkait rencana pembuatan Peraturan Daerah (Perda) Pariwisata di tahun 2020 nanti.

Ketua Harian BPC PHRI Kabupaten Tangerang, Sunarjaya menjelaskan, pihaknya sudah melaksanakan rapat internal bersama dengan Disporabudpar Kabupaten Tangerang, di kawasan Summarecon Kecamatan Pagedangan. Hasilnya, kedua belah pihak memutuskan untuk membentuk Pokja Pariwisata.

“Pokja ini beranggotakan perwakilan dari PHRI dan Disporabudpar. Nantinya hasil kerja pokja ini akan direkomendasikan ke Bupati.,” jelasnya, Kamis (20/6/2019).

Sunarjaya mengatakan, di dalam Perda tersebut, nantinya akan mengikat aturan kerjasama yang lebih kuat antara PHRI dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang untuk saling mendukung. Seperti rencana pembentukan Sister City, yakni kerjasama antar kota di dua negara untuk mempromosikan kebudayaan dari pariwisata di wilayah masing-masing.

 “Sister City itu misalnya kita bekerjasama dengan Kedutaan Besar (Dubes) Indonesia untuk Tiongkok, di sana kita bekerjasama di bidang wisata Muslim karena di Tiongkok pun banyak yang beragama Islam dan jadi bisa saling ada pertukaran pariwisata,” ujarnya.

Lebih lanjut Sunarjaya menjelaskan, di dalam pokja itu juga, nanti kita akan susun rencana tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing pihak. Selain itu pokja tersebut juga akan mengembangkan promosi kepariwisataan yang memanfaatkan ruang-ruang publik.

 “Pemanfaatan ruang publik umum, seperi Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, mal maupun stasiun kereta itu sebagai ajang promosi pariwisata Kabupaten Tangerang. Terus juga bekerjasama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya untuk membantu mempromosikan kepariwisataan wilayah ini,” katanya.

Sementara Kepala Disporabudpar Kabupaten Tangerang, Achmad Taufik menambahkan, hasil rapat bersama BPC PHRI Kabupaten Tangerang itu akan segera dilaporkan ke Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

“Intinya hasil rapat ini akan kami sampaikan ke Bupati,” pungkasnya. (Mad/Hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *