GERBANG MAPAN Menuju Pesisir Sejahtera

oleh -
GERBANG MAPAN Menuju Pesisir Sejahtera
Bupati Tangerang A.Zaki Iskandar.

KABUPATEN TANGERANG,REDAKSI24.COM–Dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Tangerang ke-389, Pemerintah Kabupaten Tangerang menggelar acara “GERBANG MAPAN Menuju Pesisir Sejahtera”. Acara tersebut digelar di Ketapang Urban Aquaculture Kecamatan Mauk, Rabu (13/10/21) lalu. 

Dalam kesempatan tersebut Bupati Tangerang, A. Zaki Iskandar mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan hari jadi Kabupaten Tangerang yang ke-389 tahun.  

BACA JUGA : Bupati Tangerang Resmikan Pembangunan Rumah Layak Huni di Desa Katapang

“Hari ini kami mengunjungi Desa Ketapang, kawasan Urban Aquaculture. Ini merupakan rangkaian dari peringatan hari jadi Kabupaten Tangerang yang ke-389 tahun. Pelaksanaannya digelar secara sederhana dengan mengusung tema “GERBANG MAPAN Menuju Pesisir Sejahtera” ujar Bupati Tangerang dalam sambutannya.

GERBANG MAPAN Menuju Pesisir Sejahtera
Wakil Bupati Tangerang Mad Romli.

Program GERBANG MAPAN (Gerakan Membangun Masyarakat Pantai) ini bisa dilihat bukan saja untuk penataan kawasan pemukiman yang dibangun dengan sanitasinya tapi juga untuk perekonomian masyarakat termasuk konservasi lingkungan, dimana di sini juga ada tempat untuk penyemaian, pembibitan dan pembesaran dari mangrove-mangrove yang ada, begitu juga dengan tambak ikan dan udang.

BACA JUGA: Kabupaten Tangerang Memenuhi Sanitasi Masyarakatnya

Masih ada satu tahun lagi program bersama kita sampai tahun 2022 untuk pembangunan pusat-pusat perekonomiannya, selain kawasan perumahan dan pemukiman nanti juga akan dibangun pasar ikan, tempat kuliner dan koperasi yang sudah berjalan akan kita kembangkan.

GERBANG MAPAN Menuju Pesisir Sejahtera

“Mudah-mudahan ini menjadi percontohan dari program GERBANG MAPAN yang seutuhnya, karena di GERBANG MAPAN Urban Aquaculture Ketapang Mauk ini dilakukan pemberdayaan pada masyarakatnya dan juga pembangunan secara layak seperti, pembangunan rumah layak huni bagi nelayan dan warga sekitar, pembangunan kawasan konservasi hutan mangrove, kawasan pembibitan dan budidaya udang vaname dan ikan, serta kawasan wisata,” ungkap Bupati Tangerang.

BACA JUGA: Pemkab Tangerang, PUPR dan PT SMF Sepakat Bangun 53 Unit Rumah Kumuh di Ketapang Mauk

Sementara itu, Soma Atmadja selaku Ketua Pelaksana Hari Jadi Kabupaten Tangerang ke-389 mengungkapkan bahwa “GERBANG MAPAN Menuju Pesisir Sejahtera” merupakan momentum kebangkitan upaya pemulihan ekonomi masyarakat pesisir. Pada kesempatan yang berbahagia ini kami juga menyampaikan hasil pembangunan di wilayah pesisir dan program gerakan pembangunan masyarakat pantai dan berharap hasil pembangunan ini mampu meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir lebih sejahtera.

Menurutnya, pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur diantaranya yaitu saluran air, jalan, sepiteng komunal, sarana air bersih, pengembangan jaringan air minum, bedah rumah, pembangunan unit rumah baru, pendirian Koperasi Ketapang Sejahtera, serta bantuan sarana dan prasarana pengolahan perikanan.

“Dengan momentum peringatan hari jadi Kabupaten Tangerang ke-389 dan dengan adanya program “GERBANG MAPAN Menuju Pesisir Sejahtera” ini bisa meningkatkan kembali perekonomian masyarakat Kabupaten Tangerang, khususnya di wilayah Ketapang, Mauk,” ujar Soma.

Adapun rangkaian acara “GERBANG MAPAN Menuju Pesisir Sejahtera” tersebut diantaranya penyerahan bantuan bagi warga sekitar seperti nelayan dan pelaku usaha UMKM di wilayah sekitar, panen udang vaname, peninjauan kawasan konservasi hutan mangrove, peninjauan rumah layak huni dan peninjauan tempat pelelangan ikan serta dermaga kapal nelayan. (ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.