Geopark Nasional Ujung Kulon Terhambat Rekomendasi Gubernur

oleh -
geopark nasional ujung kulon
Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang menggelar diskusi mengenai geopark nasional Ujung Kulon.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang, tengah berupaya untuk menjadikan kawasan Ujung Kulon sebagai Geopark Nasional. Beberapa tahapan sedang dilakukan. Namun karena belum adanya rekomendasi dari Gubernur Banten, menyebabkan penetapan sebagai geopark Nasional juga terhambat.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang, Asmani Raneyanti mengatakan, pihaknya saat ini tengah berupaya mendorong agar Gubernur Banten mengeluarkan rekomendasi ke Kementrian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM). Karena jika hanya surat saja, kata dia, Kementerian tidak mau menerima.

“Gubernur harus mengeluarkan rekomendasi untuk diajukan ke Kementerian ESDM. Setelah itu baru ditetapkan,” ungkap Asmani pada acara Fokus Grup Discusion Penetapan Warisan Geologi Geopark Ujung Kulon Pandeglang, di Hotel Mutiara Carita, Pandeglang, Jum’at (18/10/2019).

BACA JUGA:

. Hilangkan Penat di Curug Putri Pandeglang, Layak Jadi Geopark Nasional

. Festival Tanjung Lesung Sepi, Menpar Janji Datangkan Koreografer Nasional

. Mitos Batu Tulis di Pandeglang, Melanggar Larangan, Pasangan Kasmaran Bisa Putus

Menurut Asmani, untuk persyaratan menuju Geopark Nasional sudah mencapai 80 persen, tinggal menyelesaikan masterplan. Namun jika belum ada penetapan lokasi, menurutnya, masterplan pun tidak akan selesai.

“Untung saja bupati semangat terus. Mudah-mudahan Geopark Nasional segera terwujud, tinggal selangkah lagi,” katanya.

Dikatakannya, ada beberapa warisan geologi yang diajukan, diantaranya Carita Regen Boncel, Panimbang Batu Hideung, Cigeulis Curugsawer dan Goa Lalay, Cimanggu Curug Bedug dan Curug Dengdeng serta Batuan Ngampar Larva.

“Adapun yang lain akan kami pilah agar bisa menjadi Geowisata dan Geokonservasi,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengaku bersyukur proses pengajuan kawasan Ujung Kulon menjadi Geopark Nasional bisa berjalan lancar.

Diakuinya, dengan ditetapkannya Geopark Nasional tentu akan memberikan dampak positif bagi ekonomi masyarakat yang ada di ujung barat Pulau Jawa ini.

“Kami juga yakin Geopark akan mendorong  kemajuan kawasan Banten Selatan. Akan banyak pertumbuhan ekonomi baru, sehingga mendongkrak kesejahteraan masyarakat,” ujarnya. (Samsul Fathoni/Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.