Genjot Partisipasi Pemilih, KPU Gandeng Berbagai Instansi di Kabupaten Serang

oleh -
KPU Kabupaten Serang
KPU Kabupaten Serang, Banten menggandeng sejumlah instansi dalam meningkatkan partisipasi pemilih Pilkada 2020.

KABUPATEN SERANG, REDAKSI24.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang, Banten, menjalin kerjasama dengan Kementerian Agama, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Disdukcapil Kabupaten Serang. Kerjasama terkait akan dihelatnya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Serang tahun 2020.

Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar saat ditemui di salah satu hotel di Kota Serang, Selasa (31/12/2019) mengatakan, kerjasama itu ditanadi dengan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU dengan beberapa instansi, terutama dengan Disdukcapil.

Abidin Nasyar menjelaskan, isi dari MoU itu, misalnya dengan dinas pendidikan, berkaitan dengan ijazah bakal calon (Bacalon) yang harus terverifikasi serta bisa dipertanggungjawabkan keabsahannya.

“Dinas pendidikan yang berwenang menjelaskan asli atau tidaknya ijazah Bacalon,” jelas Abidin Nasyar.

BACA JUGA:

. KPU Sebut Masyarakat Kota Serang Puas dengan Pemilu

. KPU Sijunjung Sumbar Belajar Produk Hukum ke KPU Pandeglang

. KPU Kabupaten Serang Targetkan 80% Partisipasi Pemilih Pilkada 2020

Kemudian, kata dia, juga berkaitan dengan peningkatan partisipasi masyarakat pada Pilkada nanti. Kementerian agama dan dinas pendidikan punya banyak lembaga pendidikan, terutama pemilih pemula, seperti SMA/SMK/MA.

Abidin Nasyar juga mengatakan, akan membentuk badan adhock. Bila kekurangan badan adhock, menurut dia, bisa juga bekerjasama dengan dinas pendidikan. Menurut dia, kerjasama dengan lembaga pendidikan terutama terkait verifikasi keabsahan ijazah, kemudian sosialisasi kepada pemilih pemula serta pembentukan badan adhock.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang, Asep Nugraha Jaya mengakui, kerjasama dengan KPU bertujuan untuk penguatan kepada masyarakat, khususnya kalangan pelajar pemilih pemula agar memiliki kepedulain tinggi terhadap pemilu.

“Kami sebagai perangkat pemerintah juga berkewajiban untuk meningkatkan partisipasi pemilih, terutama kalangan muda dalam Pilkada nanti,” ungkapnya.

Asep mengungkapkan, partisipasi pemilih Pada pemilu sebelumnya di Kabupaten Serang terendah se-Provinsi Banten. Kondisi itu, menurutnya akan berdampak pada partisipasi politik. ”Karena itu kami akan terus berupaya meningkatkan partisipasi  pemilih, khususnya kepada kalangan pelajar SMK/SMK,” imbuhnya.(Adi/Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.