Gedung Juang Jadi Kantor Arsip, DHD 45 Sebut Pemkot Serang Salah Kaprah

  • Whatsapp
gedung juang
Ketua Umum DHD 45 Provinsi Banten, Muis Muslich.

KOTA SERANG, REDAKSI24.COM – Para pengurus dan anggota Dewan Harian Daerah (DHD) 45 Provinsi Banten menyatakan keberatan dengan rencana Pemkot Serang untuk merevitalisasi Gedung Juang menjadi kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Serang.

DHD 45 menilai Gedung Juang merupakan bangunan bersejarah yang memiliki nilai historis tinggi bagi warga Kota Serang dan Banten secara umum.  DHD menilai sejarah akan terlupakan apabila ada peralihan fungsi Gedung Juang.

Bacaan Lainnya

“Katanya aset daerah? Aset darimana? Orang gak pernah ngebantu Gedung Juang, sebelum negara berdiri Gedung Juang sudah ada,” kata Ketua Umum DHD 45 Provinsi Banten, Muis Muslich kepada wartawan, Kamis (9/1/2020).

BACA JUGA:

. Revitalisasi Gedung Juang, Pemkot Serang Gandeng BPCB Banten

. Alih Fungsi Gedung Juang 45 Ditolak, Wali Kota Serang Cari Tanah Buat Perpustakaan

. Tahun 2021, Pemkot Serang Akan Bangun Gedung Dindikbud

Muis menduga akan dijadikannya Gedung Juang menjadi Kantor DPK Kota Serang, lantaran Pemkot Serang kekurangan aset. Terelebih, kata Muis, banyak aset Pemkot Serang yang digunakan Pemkab Serang hingga kini belum dikembalikan.

“Salah kaprah. Itu gara-gara aset, kekurangan aset, terus nyari aset,” seloroh Muis.

Ia juga menyayangkan sikap Pemkot Serang yang tidak berkomunikasi dengan DHD 45 terkait rencana revitalisasi Gedung Juang menjadi kantor DPK. “Enak aja mau alih alih fungsi, harusnya ngomong dulu. Ini sepihak atas dasar kekuasaan,” cetusnya.

Diketahui, Pemerintah Kota Serang berencana merevitalisasi Gedung Juang dengan anggaran Rp4,5 miliar. Untuk merealisasikan rencana itu, Pemkot Serang menggandeng Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten.

Setelah direvitalisasi, nantinya Pemkot Serang juga berencana akan mengalihfungsikan Gedung Juang menjadi Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Serang. (Adi/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.