Gandeng KPU Kabupaten Tangerang, Temu Karya Karang Taruna Kelurahan Tigaraksa Digelar Dengan Sistem E-Voting

  • Whatsapp
Karang taruna
Temu Karya Karang Taruna Kelurahan Tigaraksa Digelar Dengan Sistem E-Voting.

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM — Meski dalam situasi pandemi Covid-19, Temu Karya Karang Taruna Kelurahan Tigaraksa tetap dilaksanakan. Bertempat di Aula Kelurahan Tigaraksa, pada Sabtu (17/10/2020), pemilihan ketua Karang Taruna periode 2020-2025 itu digelar secara demokratis menggunakan metode e-voting bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang. 

Kegiatan Temu Karya itu juga dilaksanakan dengan mengikuti standar protokol kesehatan. Tercatat, ada tiga calon ketua yakni Muliansyah Agustia Khoeruni, Aris Sutrisno dan Sandi Kelana Akbar. 

Bacaan Lainnya

Ketiganya bersaing, beradu visi dan misi, untuk menjadi ketua baru menggantikan ketua sebelumnya, Syaiful Rahayu, yang masa baktinya telah selesai. 

Dari 36 suara dan 3 diantaranya absen dalam pemilihan, Sandi Kelana Akbar unggul dengan mengantongi 24 suara atau 72,73% di atas Muliansyah Agustia Khoeruni sebanyak 7 suara atau 2121%, dan Aris Sutrisno 2 suara atau 6,06 %. 

BACA JUGA: Galang Dana Agustusan, Karang Taruna Tigaraksa Jualan Roti

Komisioner KPU Kabupaten Tangerang, Ahmad Subagja menuturkan, mekanisme pemungutan suara menggunakan mesin e-voting itu merupakan kegiatan kedua yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Tangerang dalam rangka mensosialisasikan aplikasi e-voting.

Menurutnya, pemilihan dengan cara e-voting dapat menyederhanakan proses demokrasi. Selain tak perlu menyiapkan surat suara, panitia juga tidak perlu menghitung hasil rekapitulasi. Karena setelah time out selesai, hasilnya langsung muncul di layar monitor sehingga proses pemilihan tidak memakan waktu yang lama. 

“Yang pertama kita gunakan pemilihan ketua OSIS di SMK Bam Kecamatan Cikupa dan yang kedua pada pemilihan ketua Karang Taruna di Kelurahan Tigaraksa. Kami (KPU) mau sampaikan, mesin e-voting yang kita miliki ini cukup bermanfaat untuk masyarakat Tangerang,” tuturnya kepada Redaksi24.com 

Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Tigaraksa, Andhono S Tasdik mengungkapkan, pada masa pandemi Covid-19 sekarang ini metode pemilihan dengan e-voting dinilai sangat efektif. Selain bisa menghemat waktu, hasil suara juga lebih terjaga sehingga dapat meminimalisir kecurangan. 

“Kami berterima kasih kepada KPU Kabupaten Tangerang yang telah memberikan solusi dalam pemilihan di tengah pandemi Covid-19,” ujarnya.

BACA JUGA: Selama 3 Hari Kemah Bhakti Pemuda Kabupaten Tangerang Habiskan Rp200 Juta

Ketua Panitia Temu Karya, Satria Parada mengungkapkan, jika kegiatan Temu Karya berbasis elektronik itu baru pertama kali dilakukan. Ia tak menampik, pesta demokrasi dengan sistem e-voting dirasa lebih efisien karena panitia pemilihan tak perlu repot-repot mencetak surat suara. 

“Terima kasih saya ucapkan kepada Kelurahan Tigaraksa dan utamanya kepada KPU Kabupaten Tangerang yang sudah membantu kami dan kepada ketua terpilih saya ucapkan selamat,” serunya 

Sementara, Sandi Kelana Akbar selaku ketua Karang Taruna terpilih,  mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh kader pemuda yang sudah memberikan kepercayaan kepadanya untuk memimpin Karang Taruna Kelurahan Tigaraksa dalam lima tahun ke depan. 

“Mari sama-sama kita jalankan roda organisasi bersama-sama untuk Tigaraksa maju. Perjuangan saya belum selesai karena saya butuh pemikiran kawan-kawan untuk sama-sama menjalankan roda organisasi,” tandasnya (Ricky/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.