Gampang Ko! Cara Mudah dan Cepat Bikin Masker Kain Sendiri

  • Whatsapp
Cara mudah bikikn Masker Kain Sendiri
Ilustrasi Masker Kain/Credit Tokopedia

TANGERANG, REDAKSI24.COM – Cara mudah dan cepat bikin masker kain sendiri, ternyata gampang banget, untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19), dan orang sehat juga disarankan menggunakan masker kain atau nonmedis.

Di tengah pandemi Covid-19, Masker kain memang tidak seefektif masker medis atau masker N95 dalam mencegah penularan penyakit. Namun penyebaran Covid-19 yang sangat mengkhawatirkan, penggunaan masker kain disebut lebih baik.

Bacaan Lainnya

Cara Membuat Masker kain
Masker kain

Dilansir kompas.com, Ahli otorinolaringologi berbasis di Los Angeles, AS, Shawn Nasseri menyampaikan, banyak barang di rumah yang bisa digunakan sebagai bahan pembuatan masker.

BACA JUGA:

Ini Enam Tips dari Grab Agar Menjalani Work From Home Dengan Efektif

Komunitas klub Motor Kabupaten Tangerang Bagikan 1500 Masker Gratis Pada Masyarakat

Namun, Anda perlu mempertimbangkan untuk membuat masker setidaknya dua lapis agar lebih baik dan efektif.

Berikut Cara Mudah dan Cepat Bikin Masker Kain Sendiri:

  • Siapkan bahan katun atau kain seprai dan sepasang karet gelang atau pita elastis.
  • Lalu gunting kain membentuk dua persegi panjang horizontal dengan ukuran 22,8 cm x 15,2 cm (untuk dewasa) atau 19 cm x 12,7 cm (untuk anak-anak).
  • Satukan kedua sisi kain, jahit dari sisi samping. Kemudian selipkan ujung dengan pita elastis ke sisi atas dan bawah sudut sisi kain yang dijahit bagian dalam. Jahit ulang agar ujung pita elastis menempel dengan baik.
  • Ulangi lagi untuk sisi kain sebelahnya. Masing-masing ujung pita elastis ke sudut sisi masker agar tidak mudah terlepas.
  • Setelah itu, jahit sisi masker bagian atas. Sekali lagi, jahit ujung terdekat pita elastis agar lebih kuat.
  • Lalu, jahit sisi masker bagian bawah. Jahit ujung terdekat pita elastis agar lebih kuat, balik jahitan sehingga pola utama masker berikut tali elastisnya sudah terpasang sempurna.
  • Sentuhan akhir, bagi sisi samping masker menjadi tiga bagian (pastikan pola lancipnya searah), lalu jahit ulang.
  • Bergantian untuk sisi samping masker yang lain, terapkan langkah nomor tujuh, lalu jahit bagian tepi masker dua kali agar jahitan lebih kuat.

Namun, menurut Deaconess Health System, masker kain nonmedis atau buatan sendiri, sebelum di pakai sebaiknya cuci sampai benar-benar bersih agar tetap aman digunakan berulang kali.

Selain itu, Anda juga perlu menjaga jagak aman satu meter dari orang lain saat di luar rumah, rajin cuci tangan pakai sabun dengan benar, dan menjaga daya tahan tubuh.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.