Gali Potensi Wisata Sungai Ciberang, Pemda Lebak Gelar Festival Rakit

  • Whatsapp

REDAKSI24.COM- Melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lebak akan menggelar Festival Rakit di bantaran Sungai Ciujung dan Ciberang. Festival tersebut digelar guna menggali potensi pariwisata yang ada di daerah itu.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt Kepala Dispar Lebak, Imam Riswahayadin. Mengingat bantaran sungai Ciberang dan Ciujung memiliki potensi yang dapat menjadi salah satu icon destinasi wisata di Lebak.

Bacaan Lainnya

“Bantaran sungai itu memiliki potensi yang cukup besar. Dan lokasinya tidak jauh dari pusat Rangkasbitung, sehingga festival yang akan digelar di kedua bantaran tersebut akan menarik perhatian para wisatawan,” kata Imam ketika ditemui di Lebak, Banten, Rabu (28/8/2019).

Ia menjelaskan, Festival Rakit merupakan rangkaian acara pada Event Kirai Bambu Lebak yang akan memeriahkan pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lebak ke 191 pada tanggal 2 Desember 2019.

Festival tersebut, katanya akan digelar ditingkatkan Kabupaten dengan menghadirkan peserta dari berbagai komunitas rakit, baik dalam maupun luar daerah.

” Di festival itu akan menampilkan berbagai atraksi kearifan lokal dengan menggunakan rakit yang terbuat dari bahan daur ulang sampah dan bambu,” jelasnya.

Baca juga:

16 Regu Rakit Ramaikan Festival Getek Ciberang Lebak

16 Regu Rakit Ramaikan Festival Getek Ciberang Lebak

Ada Rumah Budaya Betawi di Karang Tengah

Ia berharap, melalui festival tersebut dapat mengembalikan fungsi utama bantaran sungai sebagai alat transportasi dan sumber kehidupan masyarakat.

” Kalau sudah menjadi destinasi wisata, lambat laun masyarakat akan menyadari bahwa sungai itu adalah sumber kehidupan mereka,” kata dia.

Dan konsep yang akan dikedepankan dalam kegiatan itu, katannya untuk mengedukasi masyarakat dengan menjadikan sungai sebagai halaman depan, bukan lagi halaman belakang mereka. Sehingga, katanya, masyarakat benar-benar dapat menjaga fungsi sungai sebagai sumber kehidupan mereka.(Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.