Gali Potensi Sejarah, Disbudparman Kota Tangerang Teliti Sembilan Makam di Masjid Kali Pasir

oleh -
Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan pada Disbudparman Kota Tangerang, Sumangku Getar.

KOTA TANGERANG, REDAKSI24.COM – Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Pertamanan (Disbudparman) Kota Tangerang, tengah melakukan penelitian terhadap sembilan makam di Masjid Kali Pasir, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten. 

Pasalnya, ke sembilan makam tersebut berpotensi memiliki nilai sejarah, yang berpengaruh terhadap perjalanan Kota Tangerang di masa lampau.

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan pada Disbudparman Kota Tangerang, Sumangku Getar mengatakan, penelitian terhadap sembilan makam tokoh yang diduga memiliki peran besar terhadap perjalanan sejarah Kota Tangerang itu sudah dilakukan selama dua tahun.

“Itu yang lagi kita telusuri, kira-kira makam siapa, ya namanya sejarah perlu kita ketahui,” jelasnya saat ditemui di Kantor Disbudparman Kota Tangerang, Jumat (26/11/2021).

BACA JUGA: Asuransi Rp200 Juta Yang Disiapkan Disbudparman Kota Tangerang Untuk Korban Pohon Tumbang Belum Terserap

Sumangku menjelaskan penelitian itu juga dilakukan melalui beberapa catatan atau manuskrip yang dijadikan pedoman penelitian, dan juga melibatkan tokoh-tokoh masyarakat di kota Tangerang.

 “Siapa dia itu yang dimakamkan di Masjid Kali Pasir. Kita liat mazhabnya, Bupati Tangerang pertama ada di situ. Di situ pula ada pesantren tua yang menjadi pusat penyebaran agama Islam. Ini yang Kita jadikan catatan,” ujarnya.

Menurut Sumangku, objek penelitian tersebut sudah diamankan oleh Disbudparman, dan sudah ditetapkan sebagai Cagar Budaya Kota Tangerang. “Ini lagi di kaji (umur sembilan makam itu).

Minimal kita bisa punya gambaran ‘oh ini dulu perjalanan sejarahnya seperti ini’, buat kita pertama mengamankan objek cagar budayanya dulu,” pungkasnya. (Candra/Aan).

No More Posts Available.

No more pages to load.