Gali Potensi Lokal, Pemda Lebak Gelar Bamboo Festival 2019

  • Whatsapp
Bamboo Festival 2019
Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi (tengah).

LEBAK, REDAKSI24.COM – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lebak terus berupaya menggali seluruh potensi lokal yang berada di Bumi Multatuli tersebut. Hal tersebut sebagai upaya menggapai visi misi Bupati dan Wakil Bupati Lebak untuk menjadikan daerah tersebut sebagai Lebak daerah pariwisata berbasis potensi lokal.

Salahsatu upayanya ialah dengan menggelar Bamboo Festival 2019 yang digelar Pemda Lebak melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Lebak di Alun-Alun Kota Rangkasbitung, Lebak, Banten.

Bacaan Lainnya

Acara yang digelar dengan tema ‘Bambu Untuk Hidup Lebih Maju’ itu digelar sampai tanggal 8 Desember 2019, dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Lebak menjelaskan di era digital yang tidak dapat dihindari saat ini, bukan menjadi penghalang bagi produk unggulan lokal, namun menjadi pemantik semangat dalam memajukan industri lokal melalui sentuhan inovasi dan kreatifitas yanv memanfaatkan teknklogi itu sendiri.

” Diantara banyaknya potensi lokal yang ada di Kabupaten Lebak, salah satunya adalah bambu, dimana bambu merupakan salah satu material alam yang banyak ditemukan di Kabupaten Lebak,” ungkap Wabup.

Wabub juga mengatakan, pemanfaatan bambu di Lebak masih sebatas pada bentuk yang tertentu saja, bahkan hanya menjadi produk raw material, padahal bambu, menurut ade merupakan material yang elastis dan mampu menahan beban yang berat. Beragam kreasi banyak yang bisa dihasilkan dari bambu mulai dari souvenir, alat musik, peralatan rumah tangga bahkan serat kain dan kosmetik.

” Mari kita junjung tinggi eksistensi bambu di Kabupaten Lebak, karena bambu lebak merupakan salah satu bambu terbaik yang ada di Indonesia, bahka dunia,” ungkap Bupati.

Bupati mengingatkan kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan potensi bambu yang melimpah di Kabupaten Lebak guna meningkatkan nilai ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA:

Gali Potensi Wisata Sungai Ciberang, Pemda Lebak Gelar Festival Rakit

Sementara itu, Plt Kepala Dispar Lebak Imam Rismahayadin mengatakan, Kabupaten Lebak sebagai salah satu daerah dengan menyandang status daerah observasi, tentunya memiliki banyak sekali potensi alam salah satunya potensi tanaman bambu yang melimpah.

Tentu hal ini menjadi bekal bagi masyarakat Lebak untuk memanfaatkan potensi alam guna menghasilkan nilai ekonomi dan melalui sentuhan kreatifitas, tanaman bambu lahir menjadi produk yang bernilai seni dan ekonomi yang tinggi.

Adapun latar belakang di selenggarakannya acara ini, lanjut Imam, untuk mengapresiasi dan menggali potensi alam yang sebelumnya belum teroptimalisasi dengan baik.

” Semoga dengan adanya festival bambu ini, nilai tambah dari bambu itu sendiri bisa meningkat sehingga masyarakat bisa di untungkan secara ekonomi,” pungkas Plt Kadispar.

Untuk diketahui, dalam acara Lebak Bamboo Festival 2019, dilangsung pula penyerahan secara simbolis Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan kepada pengrajin bambu kabupaten lebak, pemberian hadiah kepada Pionering pramuka terbaik, penyerahan buku narasi bambu kepada Wakil Bupati Lebak dan ditutup dengan penampilan epic dari Teater Gates Rangkasbitung dengan menyajikan musik dan tari tradisional. (Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.