Festival Durian Mutiara Carita Pandeglang Diserbu Wisatawan

  • Whatsapp
festival durian
Festival Durian yang digelar pengelola Hotel Mutiara Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten mendapat sambutan antusias dari wisatawan.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Pengelola wisata Hotel Mutiara Carita, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten, menggelar food festival belah durian. Festival itu digelar untuk menarik lebih banyak wisatawan datang ke destinasi wisata tersebut.

Acar itu juga di isi dengan beberapa kegiatan, mulai lomba belah durian, pesta makan durian dan cooking bersama. Selain itu, ada kuliner dan olahan durian, seperti ikan gurame saus durian, sambal durian, kopi cemplung durian, durian bakar dan aneka kolak durian.

Bacaan Lainnya

Pantauan di lokasi, sedikitnya ada sekitar 600 pengunjung yang ikut serta meramaikan festival durian tersebut. Mulai wisatawan lokal, hingga manca Negara serta warga sekitar, antusias mengikuti festival durian di kawasan wisata tersebut.

Hadir dalam festival durian, Kepala Dinas Pariwisata Banten, Eneng Nurcahyati, Kepala Dinas Pariwisata Pandeglang, Asmani Reniyanti serta pejabat Pemkab Pandeglang lainnya. Selain itu, hadir Wakil Bupati Seruyan, Kalimantan Timur, Iswanti.

General Manajer Hotel Mutiara Carita, Alfanshah Abdullah mengatakan, salah satu tujuan diselenggarakannya acara tersebut, untuk memperkenalkan kembali destinasi wisata, khususnya Hotel Mutiara Carita dan umumnya objek wisata di Pandeglang, agar pariwisata di kawasan Carita bisa bangkit lagi.

“Untuk meningkatkan pariwisata di Banten, khususnya Carita, dan memperkenalkan makanan lokal kepada wisatawan. Kebetulan sekarang ini sedang musim durian, maka kami kenalkan makanan lokal dengan bahan dasar durian,” ungkapnya, Minggu (23/2/2020).

Dikatakannya, ada sebanyak 1000 durian yang disiapkan dalam festival ini. Dalam kegiatan itu, para pengunjung tidak hanya bisa menikmati durian, akan tetapi dapat menyaksikan live cooking dari Chef Agus Sasirangan yang merupakan master chef.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, angka kunjungan wisatawan bisa lebih meningkat lagi,” harapnya.

Senada disampaikan Komisaris Hotel Mutiara Carita, Bambang Iryanto, yang menyebut food festival durian untuk meningkatkan pariwisata di Banten, khususnya di kawasan Carita. Karena image kurang kondusif terhadap pariwisata di Pandeglang masih cukup besar.

“Padahal kalau dilihat saat ini kondisi wisata di Pandeglang sangat kondusif. Maka dari itu, kami berharap melalui even ini mampu menarik wisatawan,” ujarnya.

BACA JUGA:

. Festival Carita Diyakini Bisa Pulihkan Wisata Pantai Pasca Tsunami

. Setahun Tsunami, Kunjungan Wisatawan ke Banten Hanya 20 Persen

Kepala Dinas Pariwisata Banten, Eneng Nur Cahyati mengapresiasi festival durian yang dilaksanakan pengelola wisata Hotel Mutiara Carita. Sebab, kata dia, promosi melalui berbagai media, seperti akan mampu mengangkat pariwisata di Banten.

“Di samping untuk mengangkat wisata di Banten, kegiatan ini juga untuk mengenalkan durian lokal dan juga aneka olahan durian,” tuturnya.

Festival durian, lanjut Eneng, juga bisa dijadikan contoh para pelaku industri wisata lain di Banten, untuk mengembalikan kunjungan wisatawan, lebih spesifik lagi ke kawasan wisata Carita.

“Kami juga tahun ini punya agenda dalam upaya meningkatkan pariwisata. Mudah-mudahan industri wisata di Banten bisa bangkit lagi,” harapnya. (Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.