Empat KPU di Banten Diminta Gencarkan Sosialisasi Pilkada Serentak

  • Whatsapp
KPU Banten
Ilustrasi - Pilkada serentak 2020

SERANG, REDAKSI24.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) di empat kabupaten/kota di Provinsi Banten diminta untuk menggencarkan sosialisasi penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

“Kami di KPU Provinsi Banten melakukan supervisi di empat daerah yang akan melaksanakan pilkada serentak,” kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih serta Partisipasi KPU Banten, Eka Satya Laksmana di Serang, kemarin.

Bacaan Lainnya

Menurut dia, KPU kabupaten/kota sebagai pelaksana harus gencar melakukan sosialisasi, agar tingkat partisipasi pemilih tetap sesuai target, meskipun pilkada digelar ditengah masa pandemi Covid-19.

Ia mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan di empat KPU kabupaten/kota, sosialisasi tetap dilakukan dengan pertemuan langsung terhadap 11 segmen pemilih dengan menerapkan protokol kesehatan serta jumlah peserta terbatas.

“Pertemuan langsung dengan 11 segmen pemilih tetap dilakukan dengan protokol kesehatan serta jumlah maksimal 20 orang dalam satu kali pertemuan,” jelas Eka.

BACA JUGA: KPU Banten: Medsos dan Media Online Bisa Jadi Sarana Iklan Kampanye

Selain pertemuan langsung dengan 11 segmen pemilih, seperti pemilih pemula, pemilih perempuan, disabilitas serta kelompok lainnya, KPU juga melakukan sosialisasj melalui media luar ruang dan media massa.

“Target partisipasi pemilih secara nasional sekitar 77 persen. Karena kondisi seperti sekarang ini, kami di Banten menargetkan 75 persen,” katanya.

Bahkan selain sosialisasi media massa dan luar ruang, kata Eka, pihaknya juga mendorong KPU kabupaten/kota untuk gencar melakukan sosialisasi keliling ke lingkungan warga untuk menyampaikan informasi langsung tahapan pilkada 9 Desember 2020.

“Kami juga meminta PPS gencar melakukan wawar keliling di lingkungan warga satu bulan penuh sebelum hari tenang untuk wawar,” kata Eka.

Empat daerah di Banten yang akan mengikuti pilkada serentak pada 9 Desember 2020 yakni Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kota Cilegon dan Kota Tangerang Selatan.(Ant/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.