Embung Desa di Pandeglang Harus Bisa Jadi Penggerak Ekonomi Warga

  • Whatsapp
embung desa pandeglang
Kepala DPMPD Pandeglang, Doni Hermawan meninjau pembangunan embung Desa Cigandeng, Kecamatan Menes.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Pemerintah desa di Kabupaten Pandeglang disarankan untuk membuat inovasi dalam upaya menggerakan perekonomian masyarakatnya. Seperti membangun embung, bukan saja sebatas penampungan air, namun bisa dikelola menjadi tempat wisata yang menggerakkan ekonomi warga.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Pandeglang, Doni Hermawan mengatakan, embung bukan hanya sebatas penampungan air untuk persediaan musim kemarau bagi petani. Akan tetapi, embung juga bisa dikonsep untuk menjadi destinasi wisata.

Bacaan Lainnya

“Kawasan embung bisa dikelola menjadi destinasi wisata, yang nantinya akan timbul pergerakan ekonomi warga sekitar,” ungkap Doni saat meninjau pembangunan embung Desa Cigandeng, Kecamatan Menes, Jumat (7/8/2020).

Lanjut Doni, seperti pada bangunan embung milik Desa Cigandeng, Menes, meski saat ini kondisinya belum rampung, namun terdapat banyak potensi yang bisa dikembangkan di embung tersebut. Karena memiliki lahan yang cukup luas dan sumber airnya juga cukup bagus.

“Tinggal dilakukan penataan lagi serta disediakan sarana penunjangnya, untuk menjadi destinasi wisata yang bisa dinikmati para wisatawan,” katanya.

BACA JUGA: Horee, Murid di Pandeglang Bisa Belajar Langsung di Sekolah

Dalam meningkatkan dan memajukan embung dalam meningkatan ekonomi maayarakaat, pihaknya juga akan membantu mengarahkan agar embung itu menjadi sentra wisata baru. Jadi kata dia, setiap desa di Pandeglang terdapat destinasi wisatanya.

“Selain akan mampu mendongkrak prekonomian warga, destinasi wisata embung juga akan bisa menghasilkan pendapatan bagi desa itu sendiri,” ujarnya.

Saat ditanya apakah akan dibantu pula penyediaan sarana penunjang bagi destinasi wisata embung tersebut, Doni mengaku, biarkan pihak desa dulu yang menata dalam menjadikan embung sebagai destinasi wisata baru. Namun jika memang pihak desa sudah tidak kuat, maka pihaknya akan memfasilitasi kepada pihak pemerintah pusat.

“Seperti untuk penataan saluran irigasinya akan diajukan ke Kementrian Pekerjaan Umum. Kemudian untuk sarana penunjang wisatanya juga bisa diajukan ke Kementrian Pariwisata. Nanti akan kami bantu jika memang masih terdapat kekurangan,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Cigandeng, Menes, Sukma mengakui, pembangunan embung selain utnuk menampung air kala musim kemarau, juga bisa sebagai destinasi wisata alam desa. “Nanti akan disediakan juga sarana penunjang wisata, seperti kios bagi para pedagang. Maka dari itu, kami minta dukungan DPMPD agar wisata embung desa terlaksana dengan baik,” tandasnya.(Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.