Ekspedisi Destana, BNPB Telusuri Zona Merah Bencana di Lebak

  • Whatsapp
Ekspedisi Destana BNPB menelusuri zona bencana di Kabupaten Lebak, Banten.

REDAKSI24.COM – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan ekspedisi Desa Tangguh Bencana (Destana) di Kecamatan Bayah dan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Banten, Senin (12/8/2019).

Ekspedisi dilakukan dengan melakukan penelusuran kawasan yang selama ini teridentifikasi masuk dalam zona merah bercana alam di Kabupaten Lebak.

Bacaan Lainnya

Kasubdit Peran Masyarakat Direktorat Pemberdayaan Masyarakat BNPB, Pangarso Suryotomo mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan guna mensukseskan program Destana yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada seuruh unsur masyarakat terhadap potensi bencana yang ada.

“Di ekspedisi kali ini kami memberikan pemahaman yang mendalam terhadap potensi bencana kepada masyarakat, sehingga jika terjadi bencana masyarakat dapat tanggap dan menghindarinya,” ujarnya.

Dikatakannya, Kabupaten Lebak berada di Zona Merah Bencana, khususnya kawasan pesisir selatan Pulau Jawa. Di kawasan tersebut, terdapat ancaman potensi bencana Tsunami dan Gempa yang dapat terjadi kapan saja.

“Masyarakat harus tahu, potensi bencana seperti apa yang mengancam mereka. Dengan begitu masyarakat dapat melakukan antisipasi pencegahan guna meminimalisir jumlah kerugian bahkan korban jiwa. Dan itu yang menjadi tujuan Destana,” katanya.

BACA JUGA:

. Kasus Kebakaran di Lebak Hanguskan Rp5 Miliar

. Warga Sajira Lebak Dilanda Krisis Air Bersih

. Tercatat, Tiga Warga Lebak Meninggal Akibat Gempa

Menurutnya, Destana sangatlah penting diterapkan di daerah berpotensi bencana. Sehingga, untuk mensukseskan program Destana tersebut dibutuhkan sinergi seluruh pihak.

“Dalam ekspedisi ini kami libatkan beberapa pihak, yakni para pelaku usaha, pemerintah daerah, akademisi, awak media, dan semumlah elemen masyarakat. Hal ini dilakukan karena bencana tidak bisa ditangani satu pihak saja. Namun, diperlukannya sinergi dari seluruh pihak terkait,” tandasnya.

Plt Kepala BPBD Provinsi Banten, Kusmayadi menyambut baik ekspedisi Destana yang telah menyosialisasikan dan melakukan pendampingan kepada masyarakat, khususnya di Provinsi Banten tentang adanya potensi bencana.

Ia berharap, expedisi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan potensi bencana yang terus menghantui setiap saat. “Setelah sosialisasi ini masyarakat diharapkan dapat tahu seperti apa daerah yang didiaminya, apakah rawan bencana, dan seperti apa antisipasinya,” tandas Kusmayadi.(Yusuf/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.