Eki Baihaqi Prihatin Pengangguran Kabupaten Serang Tertinggi

oleh -
pilkada kabupaten serang 2020
Putra Mantan Bupati Serang Ahmad Taufik Nuriman, Eki Baihaqi mengembalikan berkas Bacalon Bupati Serang ke Partai Gerindra.

KABUPATEN SERANG, REDAKSI24.COM – Putra mantan Bupati Serang Ahmad Taufik Nuriman, Eki Baihaqi nampaknya sudah bulat untuk maju pada Pilkada Kabupaten Serang tahun 2020. Tekadnya itu dibuktikan dengan pengembalian berkas pendaftaran Bakal Calon (Bacalon) Bupati Serang periode 2020-2025 ke Partai Gerindra Banten.

Mengklaim telah mendapat restu para ulama, ustadz, dan tokoh masyarakat Kabupaten Serang, Eki Baihaqi menawarkan konsep pengentasan pengangguran dan kemiskinan. Visi dan misinya itu disampaikan menyusul Kabupaten Serang menjadi daerah dengan angka pengangguran tertinggi di Provinsi Banten.

“Para Ustadz yang selalu mendampingi, start dari rumah, kemudian tadi ke Demokrat hingga mendampingi sampai ke Gerindra,” katanya kepada wartawan usai mengembalikan formulir Bacalon Bupati Serang di DPD Gerindra Banten, Kota Serang, Kamis (14/11/2019).

BACA JUGA:

. Putra Mantan Bupati Serang dan Mantan Kades Berebut Dukungan Demokrat

. Kubu Ahmad Taufik Nuriman Galang Kekuatan Hadapi Petahana

. Tuntaskan ‘PR’ Pembangunan, Tatu Akui Butuh Dukungan Gerindra

Eki mengatakan, angka pengangguran yang tinggi merupakan pukulan telak bagi Kabupaten Serang. Padahal, menurut dia, Kabupaten Serang dikenal dengan daerah industri, serta potensi wisata yang sebenarnya bisa menyerap banyak tenaga kerja.

“Sangat ironis Kabupaten Serang mendapat predikat pengangguran tertinggi di Banten,” imbuhnya.

Eki mengaku prihatin dengan predikat baru Kabupaten Serang tersebut. Karena itu, pihaknya akan berupaya mengentaskan angka pengangguran dengan terlebih dahulu memetakan kawasan industri dan non industri agar memudahkan dalam penyerapan tenaga kerja sesuai keterampilan warga Kabupaten Serang.

“Kami akan komunikasi dengan kalangan pengusaha industri untuk memprioritaskan warga lokal sebagai tenaga kerja,” katanya.

Kemudian kawasan non industri, menurut Eki, dengan memperbanyak pemberdayaan masyarakat dalam bidang wirausaha. “Bekerja tak harus menjadi buruh pabrik, PNS, polisi atau tentara, tapi dengan wirausaha bisa menciptakan lapangan pekerjaan, salah satunya dengan pemberdayaan UMKM,” tegas Eki.

Eki mencontohkan wirausaha kerajinan gerabah yang bisa mendatangkan omzet besar bagi warga. Bahkan kerajinan gerabah Bali, kata Eki, bahan bakunya disuplai dari Kabupaten Serang. “Omsetnya tidak bisa dikatakan sepele, itu mencapai miliaran. Masih banyak lagi potensi lain di Kabupaten Serang yang jika digarap serius bisa mengurangi angka pengangguran,” tegasnya.(Adi/Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.