Efektifkan Pendidikan di Pandemi Covid-19, Disdikbud Lebak Gunakan Sistem kluster

  • Whatsapp
Kadisikbud lebak
Kadisdikbud Lebak, Wawan Ruswandi.

KABUPATEN LEBAK, REDAKSI24.COM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lebak berencana melakukan pembelajaran secara tatap muka untuk jenjang SMP mulai awal bulan September 2020. 

Karenanya, mulai saat ini Disdikbud Kabupaten Lebak mengkaji sekolah mana saja yang geografis resiko penyebaran Covid-19nya dikategorikan rendah.

Bacaan Lainnya

“Saat ini Lebak masih zona kuning, walaupun nanti  sudah bergeser ke hijau, pembelajaran tatap mukanya akan dilakukan secara bertahap, mulai dari jenjang SMA/SMK, disusul oleh SMP ,” kata Kadisdikbud Lebak, Wawan Ruswandi, Rabu (15/7/2020)

Ia mengatakan, saat ini terdapat beberapa sekolah di wilayah Kabupaten Lebak yang menggelar pembelajaran secara Kluster. Pembelajaran semacam itu merupakan salah satu metode Luar Jaringan (Luring) dengan cara tenaga pendidikan atau guru menghampiri  siswa di kediamannya masing-masing secara berkelompok.

BACA JUGA: Tahun Ajaran Baru Dimulai 13 Juli 2020, KBM di Lebak Masih Dilaksanakan di Rumah

“Banyak, kemarin saja melakukan monitor ada guru yang langsung menghampiri siswa siswanya. Itu merupakan bagian dari metode Luring atau luar jaringan,” kata Kadisdikbud Lebak.

Sementara itu, Andi, Kepala Sekolah SDN 2 Cobeurem, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, mengatakan, pembelajaran secara Daringi tidak efektif bagi para siswa. Karena, selain keterbatasan sinyal, banyak siswa yang tidak memahami pembelajaran. 

 Untuk itu katanya,  pihaknya menggelar metode pembelajaran dengan cara Kluster. Pada setiap kluster atau kelompok dibagi menjadi 5 orang siswa. Para siswa akan mendapatkan pembelajaran dari guru secara langsung.

“Total siswa sebanyak 120 orang, dengan rata rata perkelasnya 20 siswa. Dan  perkelas itu dibagi menjadi 4 kelompok, dengan masing-masing kelompok 5 orang yang akan didatangi oleh gurunya untuk belajar,” kata dia.(Yusuf/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.