Eduwisata Agribisnis Perkuat Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang

oleh -
Eduwisata Agribisnis Perkuat Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang
Kepala DPKP Kabupaten Tangerang, Aziz Gunawan mengatakan, smartfarm salah satu bagian dari program unggulan Tangerang Mandiri Tahan Pangan (MANTAP).

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang, Banten, meluncurkan Smartfarm Academy Eduwisata Agribisnis, di Desa Sodong, Kecamatan Tigaraksa.

Kepala DPKP Kabupaten Tangerang, Aziz Gunawan mengatakan, smartfarm salah satu bagian dari program unggulan Tangerang Mandiri Tahan Pangan (MANTAP). Kegiatan tersebut merupakan realisasi pengembangan pemberdayaan masyarakat dan kemitraan yang ada di Desa Sodong.

Program tersebut, kata dia, terselenggara berkat kerjasama antara inisiatif zakat Indonesia (IZI) dan Permata Bank Syariah melalui Unit Pengelola Zakat (UPZ).

“Program ini dari IZI untuk kedua kalinya,” jelas Aziz saat  peletakan batu pertama smartfarm academy di Desa Sodong, Jumat 13/8/2021) .

BACA JUGA: Pemkab Tangerang-Pemkot Tangsel Kerjasama Pelayanan Publik

Lebih jauh Aziz menjelaskan, Program Smartfarm Academy merupakan sebuah program pelatihan dan peningkatan wawasan pertanian serta memadukan peningkatan spiritual para pesertanya. Terhitung sebanyak 1.200 kelompok petani di Kabupaten Tangerang yang mendapat pendampingan dalam program ketahanan pangan.

Aziz berharap program tersebut dapat memberikan suatu yang dapat dibanggakan yang bisa mensejahterakan masyarakat kabupaten Tangerang secara umum.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Sodong, Doni Bambang Priangga menjelaskan, melalui Program Smartfarm Eduwisata, lahan pertanian Desa Sodong dapat bermanfaat menjadi agriwisata.

“Dengan adanya program ini kami ingin lahan pertanian, selain agribisnis juga dapat menjadi agriwisata dan mereka yang nanti berkunjung ke Desa Sodong selain bertani, bisa bereduwisata,” harapnya.

Ia juga menuturkan kemitraan ini menjadi sebuah upaya untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM), khususnya dalam pertanian di Desa Sodong.

“Melalui kemitraan kami bekerjasama dengan IZI yang didukung Permata Bank Syariah sehingga pengelolaan zakat dari Permata Bank Syariah nantinya dapat didonasikan kepada petani di Desa Sodong,” jelasnya.(Rilis/Difa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.