Dukung Lestarikan Kesenian Daerah, Ananta Wahana Bantu Urus Legalitas 4 Paguyuban

  • Whatsapp
Anggota Komisi VI DPR RI, Ananta Wahana
Anggota Komisi VI DPR RI, Ananta Wahana (tengah) bersama para pengurus paguyuban kesenian Jawa yang ada di Tangerang Raya.

TANGERANG, REDAKSI24.COM–Dalam rangka mendukung pelestarian kesenian daerah, Anggota DPR RI dari Dapil Banten III, Ananta Wahana membantu pengurusan legalitas 4 paguyuban kesenian Jawa yang ada di wilayah Tangerang Raya. Dokumen legalitas berupa  akta notaris tersebut diserahkan Ananta kepada masing-masing pengurus Paguyubn seperti Paguyuban Kesenian Ndolalak Tresno Budoyo, Tri A Tunggal, Sekar Taji Wargo Budoyo dan Wahyu Mustiko Aji Barongan di Padepokan Kesenian Karang Tumaritis, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Minggu, (6/12/2020).

Pria yang duduk di Komisi VI DPR RI ini menjelaskan, bantuan pengurusan legalitas sengaja diberikan agar eksistensi paguyuban tersebut dapat diakui secara resmi oleh pemerintah dan masyarakat. selain itu menurut Ananta, dengan adanya legalitas tersebut dapat mempermudah para penggiat seni di paguyuban tersebut untuk mengakses bantuan baik berupa pelatihan maupun dana bagi pengembangan kesenian.

Bacaan Lainnya

“Kadangkala beberapa institusi baik pemerintah maupun swasta mensyaratkan legalitas yang jelas gar paguyuban atau perkumpulan kesenian mendapatkan bantuan. Untuk itu dengan telah dimilikinya legalitas secara hukum ini maka, paguyuban-paguyuban kesenian eksistensinya semakin diakui dan berkembang,” harap politisi dari PDI Perjuangan ini.   

Dalam kesempatan itu juga Ananta mengajak para pelaku seni yang tergabung dalam paguyuban tersebut untuk bisa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada di Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis untuk berlatih sekaligus berdiskusi dengan para seniman lainnya dalam pengembangan kesenian.   

“Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis ini sengaja saya bangun untuk meningkatkan kualitas manusia termasuk mengembangkan kesenian, jadi silahkan untuk dimanfaatkan sebaik mungkin,” jelasnya.

Sementara itu Kiswanto salah seorang pengurus di Paguyuban Kesenian Ndolalak Tresno Budoyo, keberadaan legalitas ini sangat dibutuhkan bagi paguyubannya. Hanya saja karena terbentur anggaran serta belum mengertinya bagaimana proses pengurusannya maka pengurusan legalitas tersebut belum dilakukan.

“Kami sangat berterima kasih karena telah dibantu mendapatkan legalitas berupa akta notaris ini. Mudah-mudahan dengan adanya legalitas ini bisa meningkatkan eksistensi kami para seniman kesenian Jawa yang ada di Tangerang,” ujarnya.(Hendra)

     

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.