Dua Pemain Dikartu Merah Sekaligus, Ajax Gagal Menang Lawan Chelsea

oleh -
Daley Blind Ajax Amsterdam
Bek Ajax Amsterdam, Daley Blind protes setelah dikartu merah saat melawan Chelsea di fase grup Liga Eropa, Rabu (6/11/2019).

REDAKSI24.COM—Drama terjadi saat Ajax Amsterdam bertandang ke Stamford Bridge Stadium kandang Chelsea, pada fase grup H Liga Champion Eropa yang digelar pada Rabu (6/11/2019) dini hari WIB. Sempat memimpin 4-1  hingga menit ke 70’, akhirnya Ajak harus rela berbagi angka setelah Chelsea mampu  mengejar defisit gol sehingga pertandingan berakhir dengan skor 4-4.

Walaupun bermain sebagai tim tamu Ajax sebenarnya mampu menampilkan permainan yang ciamik. Barisan penyerang Ajax sukses memborbardir barisan pertahanan Chelsea. Ajax berhasil membuka keunggulan hanya dalam tempo 2 menit akibat gol bunuh diri Tammy Abraham.

Akan tetapi keunggulan Ajax hanya bertahan 2 menit saja, lantaran Chelsea langsung bisa menyamakan kedudukan melalui tembakan penalti dari Jorginho. Hadiah penalti itu didapat oleh Chelsea setelah Christian Pulisic dilanggar oleh Joel Veltman di area terlarang. Chelsea 1-1 Ajax.

Ajax akhirnya berhasil kembali membobol gawang Chelsea tepatnya pada menit ke-20. Kali ini giliran Promes yang berhasil mencetatkan namanya di papan skor. Memaksimalkan umpan silang dari Hakim Ziyech, Promes meneruskannya dengan sundulan yang gagal diamankan oleh Kepa Arrizabalaga.

Memasuki 10 menit jelang babak pertama usai, Ajax mampu menambah keunggulan mereka jadi 3-1 atas Chelsea via gol bunuh diri dari Kepa. Kepa melakukan sebuah kesalahan konyol kala bermaksud menghalau bola sepakan bebas Ziyech, namun tepisannya justru masuk ke dalam gawangnya sendiri.

BACA JUGA:

Kalahkan Genk 2-1, Liverpool Geser Napoli di Puncak Klasemen Grup E Liga Champion Eropa

Di babak kedua Chelsea mencoba mengejar ketertinggalannya Alhasil sejumlah peluang emas pun didapat Chelsea. Namun rapatnya pertahanan Ajax berhasil mengagalkan beberapa kesempatan yang didapat Chelsea untuk memperkecil kedudukan.

Namun alih-alih bisa memperkecil kedudukan, Chelsea justru harus kebobolan untuk keempat kalinya setelah Donny van de Beek yang berhasil menyumbangkan golnya untuk Ajax. Pemain muda Belanda ini sukses memaksimalkan umpan dari Ziyech meluncur deras ke dalam gawang Chelsea.

Pada menit ke-63, Chelsea berhasil memperkecil kedudukan jadi 2-4 melalui gol dari Cesar Azpilicueta. Meneruskan sodoran dari Abraham, Azpilicueta yang lolos dari kawalan para bek Ajax tanpa kesulitan untuk bisa menceploskan bola ke dalam gawang Andre Onana.

Petaka bagi Ajax, datang setelah dua pemainnya yakni Daley Blind dan Joel Veltman diusir wasit sekaligus. Blind mendapatkan kartu merah usai melancarkan tekel keras kepada Abraham, sementara Veltman menerima kartu kuning keduanya di laga ini setelah dinyatakan handball di area terlarang.

Kekurangan dua pemain ini membuat Ajax kesulitan menghadapi gempuran pemain Chelsea. Setelah Jorginho sukses membobol gawang Ajax dari titik putih, tim asuhan Erik ten Hag harus kembali menyaksikan gawangnya kebobolan oleh sepakan keras Reece James setelah memanfaatkan bola rebound hasil sundulan Abraham.

Bahkan di menit ke 77 ‘ Chelsea sempat berbalik unggul 5-4 atas Ajax melalui gol kedua Azpilicueta di laga ini. Akan tetapi gol pemain bertahan asal Spanyol itu harus dianulir lantaran sebelum gol terjadi Abraham tertangkap kamera VAR menyentuh bola dengan tangannya.

Hingga peluit panjang ditiupkan wasit bertanda usainya pertandingan, tidak ada gol tambahan yang berhasil dicetak oleh kedua tim. Ajax pun harus puas bermain 4-4 dengan Chelsea.

Hasil tersebut pun membuat persaingan di Grup H Liga Champions 2019-2020 semakin memanas. Terhitung tiga klub, Chelsea, Ajax, serta Valencia, masih berpeluang untuk lolos ke babak berikutnya usai sama-sama mengumpulkan tujuh poin dari empat laga yang sudah dimainkan. (Hdr)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *