Dua Orang Positif Covid-19, Puluhan WNA Pencari Suaka di Ciputat Timur di Tes Swab

  • Whatsapp
Puluhan WNA pencari suaka di Ciputat Timur di tes swab.

KOTA TANGSEL, REFAKSI24.COM – Puskesmas Pisangan Kecamatan Ciputat Timur menggelar tes swab massal kepada puluhan Warga Negara Asing (WNA) pencari suaka.Tes swab dilakukan, setelah ada dua WNA yang terpapar positif Covid-19 dan kini menjalani karantina di Wisma Atlet, Jakarta.

Pencari suaka di bawah naungan International Organitation of Migration (IOM) di tes swab langsung di tempat singgahnya di Komplek Jambusari, Kelurahan Pisangan, Ciputat Timur, Rabu (28/10/2020).

Bacaan Lainnya

Jumlahnya, ada sekira 90 orang dari 20 keluarga dan sejumlah pengungsi lelaki yang masih single.Dari jumlah itu, warga yang paling tua berusia sekira 70 tahun. Sedangkan, ada 40 anak dan balita. 

Sejumlah anak dan balita yang ikut tes swab itu histeris menangis karena merasa kesakitan saat petugas mengambil sampel ke dalam hidung. “Paling kecil ada balita yang usianya 4 bulan,” kata Kepala Puskesmas Pisangan Enting Susilawati, Rabu (28/10/2020).

Tes swab tersebut, difasilitasi oleh pihak Puskesmas Pisangan dan Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan. “Tes swab ini sebagai upaya tracing kontak karena ada dua orang yang positif Covid-19. Mereka WNA naungan IOM,” ungkap Enting.

BACA JUGA: Kasus Covid-19 di Tangsel Meroket Karena Satgas di RT RW Tidak Maksimal

Enting menuturkan, sample tes swab itu nantinya bakal dibawa ke Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Tangsel.”Diperkirakan nanti hari Sabtu hasilnya sudah keluar. Sambil menunggu hasilnya, mereka harus berdiam diri dulu di tempat singgahnya hingga hasilnya keluar,” tuturnya.

Enting memaparkan, dua orang yang positif Covid-19 itu diketahui hasil dari tes mandiri dan melakukan pemeriksaan di Puskesmas Pisangan.”Satu orang itu melakukan tes mandiri untuk keperluan persyaratan mengikuti les bahasa. Sementara satu orang lagi memang melakukan perawatan di Puskesmas karena mengeluh batuk, pilek dan tidak dapat mencium bau,” paparnya.

Dua orang yang positif itu, kini menjalani perawatan di Wisma Atlet, Jakarta. “Sebelumnya sempat dibawa ke tempat karantina Rumah Lawan Covid-19, tapi setelah koordinasi lagi kemudian dirujuk ke Wisma Atlet. Keduanya, merupakan WNA asal Afganistan,” pungkasnya.

BACA JUGA: Jumlah Covid-19 Meroket, Pemkot Tangsel Perpanjang PSBB Lagi Hingga Satu Bulan Kedepan

Ke depan, pihaknya bakal melakukan penyuluhan secara daring melalui zoom meeting kerjasama dengan IOM. Zoom meeting dipilih, lantaran pihak Puskesmas Pisangan terkendala bahasa jika harus melakukan sosialisasi secara langsung.

“Kita akan kerjasama dengan IOM untuk memfasilitasi penerjemah sehingga sosialisasi dapat dipahami oleh mereka,” tutup Enting.

Dari informasi yang dihimpun, WNA yang mengungsi di sekitar Komplek Jambusari, Pisangan itu berasal dari berbagai negara konflik. Yakni, Afganistan, Palestin, Rohingnya, Irak dan Somalia. Mereka, sudah berada di pengungsian tersebut bervariatif. Ada yang baru setahun, bahkan ada yang lebih dari 5 tahun. (wvyh/Aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.