Dua Kecamatan di Pandeglang Jadi Pengembangan Ekonomi Lokal Program RIF

  • Whatsapp
Ekonomi Lokal Kabupaten Pandeglang
Bupati Pandeglang, Irna Narulita menunjukan draft MoU dengan Global Affairs Canada melalui Video Conference.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – Kecamatan Labuan dan Jiput Kabupaten Pandeglang, Banten, ditetapkan sebagai pengembangan ekonomi lokal dari program Responsive Innovation Fund (RIF).

Diketahui, Rif merupakan program dana kemitraan antara Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau BAPPENAS dan Pemerintah Kanada melalui Global Affairs Canada (GAC).

Bacaan Lainnya

Program Rif tersebut bertujuan untuk mendorong percepatan pembangunan perdesaan dan daerah melalui pengembangan ekonomi lokal, sebagai penopang utama kinerja perekonomian Nasional.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan, program ini sangat tepat untuk Kabupaten Pandeglang. Karena, kata dia, sangat banyak sekali potensi alam yang dapat dikembangkan di Pandeglang.

“Untuk itu, kami sangat bersyukur Pandeglang bisa masuk dalam program RIF tahap 3. Ini kesempatan kami untuk mengembangkan ekonomi lokal, tidak semua daerah memiliki kesempatan ini karena setiap tahun hanya 6 kabupaten kota se-Indonesia,” ungkap Irna saat penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) dengan pihak Kanada melalui Video Conference di ruang pintar, Rabu (13/5/2020).

Lanjut Irna, program RIF ini akan diarahkan untuk pengembangan perikanan dan pertanian. Menurut Irna, hal ini selaras dengan potensi kawasan pantai dan pertanian yang luas Kabupaten Pandeglang.

“Kami akan fokus pengembangan perikanan dan pertanian, kami harap program ini akan mengangkat ekonomi pedesaan di Pandeglang,” katanya.

Dikatakannya, dari dua kecamatan yang ditunjuk yakni Labuan dan Jiput merupakan Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN), yang ditetapkan Bappenas dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT).

BACA JUGA:

Nenek Wiwin Asal Pandeglang Sulap Limbah Plastik Jadi Barang Ekonomi

“Di Kecamatan Labuan ada 4 Desa yaitu Desa Labuan, Teluk, Caringin dan Banyu Biru. Sedangkan di Kecamatan Jiput yaitu Desa Banyu Resmi, Tenjolahang, Sukacai, dan Desa Jiput,” ujarnya.

Sementara, salah seorang perwakilan dari Global Affair Canada, Mellisa Go mengatakan, sasaran dari program ini adalah pedesaan. Sebab salah satu tujuan dari program ini untuk mendongkrak prekonomian dari desa. Diharapkannya, dapat bekerjasama dengan seluruh pihak guna suksesnya program RIF tersebut.

“Saya harapkan semua kegiatan bisa berkesinambungan, untuk itu pemerintah daerah dituntut untuk komitmen,” harapnya. (Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.