Dua Bapaslon Bupati-Wakil Bupati Pandeglang Lolos Tes Kesehatan

  • Whatsapp
Pilkada Pandeglang
Ketua KPU Pandeglang, Ahmad Sujai saat menyerahkan BA model BA.HP-KWK dan model BA.HP-KWK kepada perwakilan Bapaslon.

PANDEGLANG, REDAKSI24.COM – KPU Pandeglang sudah menerima hasil tes kesehatan yang dijalani kedua bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang. Hasilnya, kedua Bapaslon dinyatakan telah memenuhi syarat untuk ditetapkan menjadi calon.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Pandeglang, Ahmadi mengakui pihaknya sudah menerima hasil tes kesehatan kedua Bapaslon dari Ketua Tim Pemeriksa Kesehatan pada Sabtu (12/9/2020).

Bacaan Lainnya

“Tes kesehatan dua Bapaslon dilakukan selama dua hari (Rabu-Kamis, 9-10/9) di RSUD Berkah Pandeglang. Hasilnya sesuai jadwal yang ditentukan,” ungkap Ahmadi usai menyerahkan BA model BA.HP-KWK dan model BA.HP-KWK kepada masing-masing perwakilan Bapaslon di Aula KPU Pandeglang, Senin (14/9/2020).

Dikatakannya, dari hasil yang diterima, baik Bapaslon Irna Narulita-Tanto W Arban maupun Thoni Mukson–Miftahul Tamamy telah memenuhi syarat secara jasamani dan rohani untuk menjalankan aktivitas ketika nanti terpilih menjadi pemimpin daerah. Kedua Bapaslon juga dinyatakan bersih dari narkotika dan obat-obatan terlarang.

BACA JUGA: Mulai 26 September, Irna-Tanto Tak Lagi Jabat Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang

“Dan hasil tes swab keduanya juga negatif covid-19,” katanya seraya menjelaskan tahapan itu sesuai Keputusan Ketua KPU RI Nomor 412/PL.02.2-Kpt/06/KPU/IX/2020 tentang Pedoman Teknis Standar Kemampuan Jasmani dan Rohani serta Standar Pemeriksaan Kesehatan Jasmani, Rohani, dan Bebas Penyalahgunaan Narkotika dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wabup, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.

Tahap selanjutnya, lanjut Ahmadi, pada 23 September, KPU akan menggelar pleno penetapan Bapaslon menjadi pasangan calon (Paslon). Kemudian pada tanggal 24 September pihaknya akan melakukan pengundian nomor urut Paslon.

“Setelah itu pada tanggal 25 September pelaporan dana kampanye. Serta mulai 26 September sampai 5 Desember pelaksanaan kampanye,” tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan Bapaslon, Dr Irwan Mulyantara menyatakan, pemeriksaan kesehatan terhadap Bapaslon Irna Narulita–Tanto W Arban dan Thoni Mukson–Miftahul Tamamy, sudah sesuai peraturan KPU.

“Kami menyediakan 12 dokter spesialis untuk memeriksa kesehatan kedua Bapaslon. Diantaranya dokter spesialis jiwa, penyakit dalam, jantung dan pembuluh darah, paru, bedah, THT, mata dan dokter gigi,” tandasnya.(Samsul Fathoni/Difa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.