DPRD Minta Bupati Tangerang Cermat Dalam Perencanaan Pembangunan

oleh -
DPRD Minta Bupati Tangerang Cermat Dalam Perencanaan Pembangunan
Bupati Tangerang A Zaki Iskandar (paling kiri) menyimak rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Bupati 2021 pada Rapat Paripurna DPRD, Senin (11/4/2021).

KABUPATEN TANGERANG, REDAKSI24.COM – DPRD Kabupaten Tangerang, Banten memberikan 7 rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati (LKPJ) Tahun 2021. Rekomendasi disampaikan pada Rapat Paripurna di Gedung DPRD Puspemkab Tangerang, Tigaraksa, Senin (11/4/2022).

Pimpinan DPRD Kabupaten Tangerang, Astayudin menyampaikan, LKPJ Bupati Tahun 2021 sudah berjalan on the track. Penilaian itu berdasarkan hasil pembahasan atas LKPJ Bupati yang dilakukan dewan selama beberapa hari.

“Kami juga memberikan apresiasi kepada bupati atas peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah) hingga 107,19% pada masa pandemi,” kata Astayudin.

Namun begitu, lanjut Astayudin, dewan menilai penyerapan belanja daerah dari sisi pembiayaan selama tahun 2021 masih belum optimal. Hal itu disebabkan efisiensi belanja langsung dan tidak langsung serta target PAD yang berimbas pada membengkaknya Silpa.

“Kami berharap kedepannya eksekutif lebih cermat dalam perencanaan pembiayaan pembangunan,” tegas Astayudin.

BACA JUGA: Selain Molor, Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tangerang Lebih Banyak Diisi Bangku Kosong

Setelah melewati pembahasan yang cukup alot, DPRD memberikan tujuh rekomendasi atas LKPJ Bupati tahun 2021, diantarannya laporan akhir kegiatan tahun anggaran setiap organisasi perangkat daerah (OPD) harus disertai target, permasalahan dan solusinya.

Seluruh OPD agar lebih memprioritaskan program unggulan yang dampaknya dirasakan langsung masyarakat; tingkat keberhasilan dan kepuasan masyarakat terhadap program prioritas pembangunan tahun 2021 masih jauh dari harapan.

“Setiap OPD agar lebih fokus dalam menjalankan program yang telah digagas yang disertai laporan akhir kegiatan tahun anggaran,” imbuhnya.

Kemudian, dewan merekomendasikan semua kecamatan untuk membuat dan menyampaikan laporannya kepada anggota DPRD pada saat pembahasan. Selain laporan anggaran, LKPJ juga menyajikan capaian dan kendala program pembangunan yang telah berjalan.

BACA JUGA: Waduh,  Anggota DPRD Kabupaten Tangerang Diusir Saat Gelar Sidak ke PT. SMS Steel

Dewan juga menyarankan eksekutif untuk memberikan apresiasi kepada OPD yang telah mencapai target pembangunan, serta memberikan kiat kepada OPD yang belum mencapai target pembangtunan.

“Tak sedikit pencapaian yang telah diraih, tapi ada juga yang harus diselesaikan, dibenahi dan dievaluasi untuk perbaikan,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Tangerang, A Zaki Iskandar menyampaikan apresiasi kepada anggota DPRD yang telah membahas dan mencermati LKPJ Bupati Tahun 2021. Zaki menekankan setiap OPD untuk melakukan perbaikan kinerja.

“Kami akan jalani rekomendasi dewan sebagai bahan evaluasi dalam menjalankan program pembangunan,” tandas Zaki.(Difa)

No More Posts Available.

No more pages to load.